You are here
Pemkab dan Perusahaan di Muba Gotong Royong Perbaiki Jalan Provinsi HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Pemkab dan Perusahaan di Muba Gotong Royong Perbaiki Jalan Provinsi

MUSI BANYUASIN, MS – Menyikapi tuntutan masyarakat Desa Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), terkait kondisi jalan lintas Sekayu – Pali yang rusak, Pemkab Muba gelar rapat koordinasi (Rakor) dengan pihak angkutan barang perusahaan perkebunan dan pertambangan di wilayah yang melintasi Jalan Sekayu – Pali. Rakor itu sendiri dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi.

Dikatakan dia, Jalan Lintas dari Kota Sekayu menuju Kabupaten Pali pada peraturannya merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Namun karena titik lokasi jalan yang rusak berada dalam Kabupaten Muba, maka menyulitkan akses jalan yang dilalui baik bagi masyarakat setempat dan juga perusahan yang beroperasi diwilayah itu termasuk angkutan barang milik perusahaan yang beroperasi.

“Wewenang jalan lintas Sekayu-Pali memang wewenang pihak Provinsi Sumsel, namun Pemkab Muba tidak bisa diam saja melihat kondisi jalan yang rusak karena berada dalam wilayah Muba, jalan yang rusak tersebut menyulitkan akses masyarakat. Oleh karena itu kami mengajak seluruh pihak perusahaan yang melintasi jalan tersebut agar ikut serta, bergotong royong bersama untuk segera membantu perbaikan jalan tersebut,” ujar Sekda.

Ia menegaskan, setelah diperbaiki pihaknya tidak akan mengizinkan truk membawa barang yang kelebihan tonase.

“Kita sama-sama punya kebutuhan akan jalan tersebut, maka tolong sama sama kita dipelihara bersama. Kami utamakan jaga kepentingan masyarakat, sekali lagi mari kita bekerja bersama, tidak perlu di aspal tapi cukup ditimbun saja, agar bisa dilewati, maka tolong agar pihak perusahaan segera bergerak dalam minggu ini untuk memperbaiki jalan tersebut,” tukas Apriyadi.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muba, H Herman Mayori ST, MM menyarankan bahwa perbaikan jalan Sekayu – Pali seperti penanganan di Desa Macan Sakti, sistemnya perusahaan bagi link ruas jalan yang akan diperbaiki masing-masing. “Karena seperti diketahui sampai sekarang belum ada penanganan dari Pemprov, maka untuk menghadapi kondisi darurat sekarang, segera besok mulai kita lakukan penimbunan jalan yang rusak tersebut secara bersama sama. Kami tim teknis dari Dinas PUPR Musi Banyuasin siap kerja bersama dengan membawa alat berat turun ke lapangan,” jelasnya.

Menurut Camat Sungai Keruh, M Imron pada kesempatan rakor menjelaskan bahwa ada lima titik jalan yang rusak parah yaitu, daerah Gajah mati, Pal 11, Sindang Marga, Kampung sekate dan Jalan Simpang PT Guthrie.

Ditempat yang sama, perwakilan dari salah satu pihak perusahaan, PT Inti Agro Makmur, Agus Sukaryanto mengatakan, bahwa pihaknya siap untuk membantu penimbunan, perbaikan sementara jalan lintas Sekayu – Pali, kami akan menunggu sesuai instruksi pak sekda dan PUPR. “Kami juga berharap pihak perusahaan yang turut hadir di rakor ini mari kita sama sama bergotong royong sesuai arahan dan hasil rakor hari ini, toh jalan tersebut sama sama kita gunakan dan mari kita bersama juga memelihara,” pungkasnya.

Hadir pada rakor tersebut perwakilan dari PT CBS, PT MAS, PT GPI, PT Inti Agro Makmur, PT Perdana Abadi Perkasa, PT SNS, PT Lonsun TBK dan KUD Sriwijaya. Kemudian Kepala Dishub H Pathi Riduan dan Camat Plakat Tinggi, Alpan Husin , seluruh peserta rapat dan seluruh perusahaan yang hadir berkomitmen dan sepakat untuk bergotong royong memperbaiki jalan rusak, ruas jalan sekayu – pali (status jalan Provinsi) dibawah koordinasi Pemkab Musi Banyuasin. (red)

Related posts

Leave a Comment