oleh

Pemkab Gelar PPRG dan PUG

LAHAT, MS – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perbudayaan Perempuan dan Anak gelar pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Bagi Tim Teknis dan Focal Point Mempercepat Pelaksanaan Pangarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Lahat, bertempat di Hotel Bukit Tunjuk (Buser) Kabupaten Lahat, Kamis (8/4/21).

Kepala Dinas Perbudayaan Perempuan dan perlindungan Anak Kabupaten Lahat, Hj. Nurlela SAg MM menyampaikan kegiatan ini 35 orang peserta yang terdiri dari Organisasi perangkat OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat.

“Pelatihan ini agar para peserta dapat memahami Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender
(PPRG) Bagi Tim Teknis dan Focal
Point Mempercepat Pelaksanan Pangarusutamakan Gender (PUG) di Kabupaten Lahat,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak juga melaporkan bahwa untuk tahun 2020 Kabupaten Lahat masuk nominasi kabupaten yang mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita ekapraya, penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah atas komitmen dan keberhasilan daerah dalam pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender dalam kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang ada di daerah dan ini baru pertama kalinya Kabupaten Lahat masuk nominasi pada tanggal 23 Maret 2002 dan Sabtu kemarin sudah diverifikasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia dan tim verifikator independen melalui chatting.

“Semoga kabupaten Lahat akan memperoleh penghargaan APE, sesuai dengan harapan kita,” tuturnya.

Lahat, Cik Ujang, SH membuka acara secara resmi, dan memyampaikan pengarustamakan gender dalam pembangunan merupakan strategi untuk mengurangi kesenjangan antara laki- laki dan perempuan dalam mengakses dan mendapatkan manfaat pembangunan, serta meningkatkan partipisasi dan mengontrol proses pembangunan. Dengan tujuan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gander dan upaya untuk menegakan Hak- hak perempuan dan laki- laki atas kesempatan yang sama, pengakuan yang sama dan penghargaan yang sama dalam Bernegara Berbangsa dan bermasyarakat dengan tujuan untuk membantu mengurangi kesenjangan gander.

‘”Guna Penyusunan PPRG ini juga upaya memberikan jawaban untuk mengatasi kesenjangan Gender dan mewujudkan keadilan dan kesetaraan, semoga kita mendapatkan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE), ” tuturnya. (Nur)

News Feed