You are here
Pemkab Lahat akan Bangun Irigasi HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Pemkab Lahat akan Bangun Irigasi

LAHAT, MS – Seringnya kekurangan air pada musim kemarau untuk mengairi sawah, untuk itu Pemerintah Kabupaten Lahat akan membangun saluran irigasi di 3 desa yaitu desa Pagar Batu, Kuba, dan Jati Kecamatan Pulau Pinang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lahat Mirza Ashary ST, Rabu (29/01/20) menyampaikan, bahwa pembangunan irigasi tersebut yaitu irigasi dI Lematang 1 untuk mengairi sawah dari Pagar Batu, Kuba sampai Jati yang tahun ini akan mulai di bangun dari tahap awal dengan dana yang berasal dari Balai Besar Sungai pusat sebesar Rp4 miliar.

Pada tahap awalnya tahun ini akan dilakukan proses tandernya untuk membuat kepala siring yang ada di desa Pagar Batu ataupun menormalisasi yang sudah ada terlebih dahulu, supaya air dapat masuk kembali ke tempat irigasi semula

“Irigasi yang sudah hancur akan dibuka kembali mengarahkan arus sungai dan di buat tembok penahan supaya air tetap bisa masuk. Adapun target pembangunan ini sekitar 6 bulan-8 bulan,” ujarnya.

Ia berharap dengan dibangunnya saluran irigasi ini akan memperlancar air mengalir disekitar persawahan 3 desa tersebut. Sehingga masyarakat tidak berubah alih fungsi dari pertanian.

“Kami mengimbau kepada para petani untuk dapat menggunakan dan memelihara saluran irigasi dengan sebaik-baiknya karena memang ini akan menggunakan dana yang cukup besar,” tuturnya. (nur)

Related posts

Leave a Comment