You are here
Pemkab Lahat Bentuk Tim Penertiban Sarang Burung Walet DAERAH HEADLINE 

Pemkab Lahat Bentuk Tim Penertiban Sarang Burung Walet

LAHAT, MS – Pembangunan sarang burung walet merupakan salah satu potensi yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Lahat.

Pembangun sarang burung walet di tengah-tengah pemukiman warga mulai meresahkan masyarakat dari dampak pencemarannya.

Menanggapi hal tersebut, Pemda Lahat mengadakan rapat guna membentuk tim penertiban pengelolaan dan pengusaha burung walet di Kabupaten Lahat, bertempat di Oproom, Rabu (22/7/2020).

Tim penertiban yang terdiri dari Dinas Perizinan Lahat, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan dan Permukiman, Pol PP dan Damkar serta pihak yang terkait terkait.

Dalam arahan, Januarsyah Hambali mengatakan, pembentukan tim ini merupakan dari jajaran Pemda, dimana pelaksanaanya di ketua Kasat Pol PP Kabupaten Lahat.

“Diangkatnya Sat Pol PP menjadi ketua, lantaran tupoksinya selaku penegakkan perda,” kata Sekda Lahat.

Dengan semakin banyaknya berdiri bangunan sarang burung walet di areal pemukiman maka dirinya menegaskan, untuk setiap pengusaha walet yang ada di dalam Kota, maupun di kecamatan, wajib mendapatkan persetujuan/izin dari Bupati.

Ditempat yang sama kepala dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPM dan PTSP)Lahat Hery Alkahfi AP MM menyampaikan bahwa semenjak menjabat selama satu tahun sebagi kepala dinas belum ada yang membuat izin bangunan untuk sarang burung walet

“Dengan adanya tim penertiban izin sarang burung walet, ini merupakan langka yang positif untuk meningkatkan PAD kabupaten Lahat,” tuturnya.

Untuk para pengusaha burung walet diiimbau agar mengurus izin. (nur)

Related posts

Leave a Comment