You are here
Pemkab Muaraenim Gelar FGD dengan Bupati dan Wabup Terpilih DAERAH HEADLINE 

Pemkab Muaraenim Gelar FGD dengan Bupati dan Wabup Terpilih

MUARAENIM, MS – Pemerintah Kabupaten Muaraenim menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Muaraenim tahun 2018-2023, Kamis (9/8/2018). Acara yang dilaksanakan degan agenda mendengarkan paparan visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim terpilih itu, dipusatkan di ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muaraenim.

Kepala Bappeda Muaraenim M. Najib dalam sambutannya menyampaikan, FGD tersebut agar visi, misi dan program strategis kepala daerah terpilih dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan dokumen RPJMD sebagai amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017.

Dijelaskan oleh Najib, RPJMD yang disusun tahun ini, merupakan tahapan ketiga dan keempat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Muaraenim tahun 2005-2025. RPJPD ungkapnya merupakan dokumen induk perencanaan pembangunan daerah, memuat visi, misi, dan arah kebijakan yang digunakan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah untuk masa waktu 20 tahun.

Pj Bupati Muaraenim Teddy Meilwansyah dalam sambutannya mengatakan, sesuai Perda Kabupaten Muaraenim nomor 8 tahun 2008 tentang RPJPD, visi kabupaten Muaraenim adalah Kabupaten yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahterah, yang dinyatakan dengan 8 misi dan 24 sasaran pembangunan.

“Visi dan misi pembangunan 20 tahun tersebut diwujudkan secara bertahap dalam empat tahapan pembangunan jangka menengah. Untuk tahun 2018-2023 ini berada di tahap ke-3 dan ke-4 RPJPD tahun 2005-2025,” papar Teddy.

Dipaparkan Teddy, prioritas RPJMD 2018-2023 yakni pembangunan pada aspek pengembangan dan pemantapan ekonomi lokal yang kompetitif, memiliki daya saing yang ditopang oleh peningkatan, dan pengembangan kerja sama antara lembaga dan antar-wilayah. “Kemudian peningkatan kualitas sumber daya manusia dan IPTEK, insfratruktur, lembaga pemerintah, sumber penerimaan daerah dan masyarakat,” lanjutnya.

Teddy menambahkan, RPJPD merupakan bagian dari mekanisme, proses, dan tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan lima tahun kedepan yang akan menjadi acuan Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim terpilih dalam menjalankan visi, misi, dan program strategisnya untuk membangun kabupaten Muaraenim kedepannya.

“Besar harapan kami kepada Bapak Ahmad Yani dan H. Juarsah selaku Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat memberikan paparan visi, misi, dan program strategis tahun 2018-2023 sebagai acuan dalam penyusunan dokumen RPJMD kabupaten Muaraenim tahun 2018-2023,” tutupnya.

Hadir pada acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim terpilih Ahmad Yani – Juarsah, FKPD, serta kepala OPD lingkup Pemkab Muaraenim. (azw)

Related posts

Leave a Comment