oleh

Pemkab OKU Timur gelar Pawai, Bawa Piala Adipura Keliling Kota Martapura, Gaji Pasukan Orange Naik

OKUTIMUR, MS – Sebagai bentuk rasa syukur atas suksesnya meraih piala Adipura yang ke empat kalinya dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu pada penilaian 2011, 2012, 2018 dan 2023.

Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur bersama ratusan kebersihan (Pasukan Orange) menggelar Pawai arak-arakan Piala Adipura 2023.

Adapun rute yang dilalui dalam pawai ini yaitu dimulai dari Lapangan Taman Tani Merdeka Martapura, kemudian melintasi Jalan Tugu Tani Pasar Martapura dan Tugu Pengantin Komering, lalu memasuki kawasan Pemkab OKU Timur dan berakhir di Balai Rakyat Setda OKU Timur.

Pawai ini turut dihadiri Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin M.T dan Wakil Bupati OKU Timur HM. Adi Nugraha Purna Yudha S.H, Sekretaris Daerah H. Jumadi, S.Sos, Penanggung jawab titik pantau Adipura, Kepala OPD, Camat, Kabar, Direktur RSUD, dan Kabag di Lingkungan Pemkab OKU Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur Feri Hadiansyah, S.T. M.M mengatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan tidak lain dan tidak bukan hanya bentuk rasa syukur kita dan memberikan apresiasi kepada para pahlawan pahlawan kebersihan kita yaitu pasukan oranye yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran demi menjaga kebersihan lingkungan khususnya di wilayah kota Martapura.

“Alhamdulillah atas dukungan Bapak Bupati, Wakil Bupati, dan seluruh elemen masyarakat terutama pasukan kuning atau pasukan oranye, akhirnya kita bisa meraih penghargaan anugerah piala Adipura tahun 2023, kita patut bersyukur,” ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, Alhamdulillah kita bisa merayakan syukuran atas diraihnya penghargaan piala Adipura ini.

Dirinya menjelaskan, bahwa penyerahan piala adipura ini dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu, ternyata Se-Sumatera Selatan hanya ada 4 Kabupaten yang masuk Kota Kecil bersih.

“Dan kita Kabupaten OKU Timur, ternyata kita adalah Kabupaten termuda dari 4 Kabupaten tersebut. Kita patut bangga dan wajib mempertahankannya,” katanya.

Dikatakan, acara ini sesuai dengan keinginan, bahwasanya piala Adipura ini bukan hanya untuk pemerintah Kabupaten OKU Timur namun untuk seluruh masyarakat khususnya para PHL atau pasukan oranye.

“Adipura ini kita peroleh bukan karena adanya perintah atau nasihat kepada masyarakat untuk menciptakan lingkungan dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, namun karena semua itu sudah terbiasa dilakukan,” tuturnya.

Pada kesempatan ini juga, orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan ini bersama jajaran pejabat Pemkab OKU Timur memberikan hadiah khusus bagi para pasukan oranye yaitu dengan memberikan Ratusan Baju Seragam Baru, Menaikkan Gaji Petugas, serta akan memberikan Tunjangan Hari Raya, serta ada 3 orang yang mendapatkan hadiah umroh.

“Sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan bagi para petugas kebersihan maka kami telah memutuskan untuk memberikan hadiah, yang pertama baju seragam baru, yang kedua kenaikan gaji akan kami usulkan untuk Tahun 2025, ketiga THR Insya Allah H-7 lebaran dan hadiah umroh gratis kepada 3 orang petugas kebersihan,” pungkasnya. (Boy)

News Feed