You are here
Penyandang Disabilitas Diperlakukan Secara Khusus HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Penyandang Disabilitas Diperlakukan Secara Khusus

LAHAT, MS – Dengan akan diadakannya pemilihan Presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provensi dan DPRD kabupaten Lahat, yang akan berlangsung pada 17 April 2019 yang akan datang, KPUD Lahat adakan Sosialisasi pendidikan pemilih pada kelompok disabilitas, bertempat do sekolah luar biasa (SLB), Rabu (6/2/2019).

Dihadiri Ketua KPUD Nana Priana S Hi MM didampingi komisioner serta Seketaris KPU Raswan Ansori SE, dengan pengisi materi Thomson S Ag dan Irfan Rojhanuddin S Si M Pd devisi tehknis.

Pada tanggal 17 April 2019 nanti akan ada pemilu serentak yang akan diadakan diseluruh Indonesia, Untuk itu setiap warga mempunyai hak yang sama sebagai pemilih dalam pemilu nanti, tidak ada perbedaan untuk setiap warga negara Indonesia.

Oleh karena itu KPU mengkroscek kembali dan mensosialisasikan terkait tata cara memilih nanti, warga sebagai pemilih termasuk warga yang menyandang distabilitas.

Masih penuturan ketua KPU Pada pelaksanaanya nanti ada perlakuan khusus untuk para penyandang distabilitas di antaranya ada pendamping untuk pemilih dan alat peraga yang memadai. “Saya berharap melalui kegiatan ini juga dapat tercapai target pemilih RI yaitu sebesar 77,5%”. tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah Luar Biasa Kabupaten Lahat Dra Rita Yusnaini menyampaikan, bahwa di sekolah luar biasa ini ada sebanyak 29 pemilih yaitu terdiri dari siswa tuna grahita dan tuna rungu. “Untuk mensosialisasikan ini, dalam pelaksanaan juga dibutuhkan komunikasi lebih dari satu kali dan di sertai dengan bahasa isyarat,” sampainya.

Beliau juga berharap dengan adanya sosialisasi dan upaya yang dilakukan akan membuahkan hasil. “Dengan adanya komunikasi melaui peraga dan isyarat, mudah mudahan dapat diterima dan dimengerti oleh anak anak,” tutupnya. (nur)

Related posts

Leave a Comment