oleh

Perbaikan Irigasi Persawahan Dapat Kucuran DAK Rp1,3 M

PAGARALAM, MS – Masyarakat petani di Kota Pagaralam akan merasa senang. Pasalnya, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas PUPR Kota Pagaralam bidang pengairan tahun 2021 akan mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan irigasi persawahan. Hal ini diungkapkan Kabid Pengairan PUPR kota Pagaralam Yudianto,ST,MT saat ditemui diruang kerja, Selasa (30/03/2021).

“Alhamdulillah tahun ini kota Pagaralam melalui bidang pengairan mendapatkan dana sekitar Rp1,3 miliar. Adapun dana tersebut adalah dana alokasi khusus dari kementerian PUPR pusat,” ungkap Yudianto.

Dijelaskan Yudi, saat ini pihaknya sedang menyiapkan proses lelang di ULP Pagaralam untuk proyek tersebut. “kita sekarang lagi penyusunan berkas,” tegasnya.

Adapun menurut Yudi letak titik proyek tersebut diwilayah Kecamatan Pagaralam Selatan ada dua titik pembangunan proyek irigasi yang akan dibangun yaitu pertama rehabilitasi irigasi diataran lebar Kelurahan Uluh Rurah Rp600 juta dan rehabilitasi irigasi diataran Keban Agung, Kelurahan Uluh Rurah sebesar Rp700 juta.

Masih menurut yudi pembangunan proyek ini adalah rehabilitasi irigasi yang beberapa waktu lalu mengalami kerusakan. “Mudah-mudahan setelah diperbaiki nanti jaringan irigasi ini dapat mengaliri air ke persawahan dan kolam kolam ikan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Terpisah Joko warga Uluh Rurah meminta agar perbaikan irigasi ini cepat terealisasi karena sudah lama sekali kolam ikan petani sekitar kering tidak ada pasokan air yang mengalir disebabkan jaringan irigasi rusak. “Kami selaku masyarakat berharap perbaikan jaringan irigasi ini akan menjadi cepat terealisasi. Sehingga kolam ikan dan persawahan dapat terairi kembali, karena bagaimana kami selaku para petani sangat mengandalkan hasil sawah untuk penopang hidup sehari-hari,” pungkasnya. (len)

News Feed