oleh

Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK, Dinas Perkim OKU Timur bersama TP PKK Bedah Rumah Tidak Layak Huni milik Warga

OKUTIMUR, MS – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman OKU Timur melaksanakan Rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk Pencegahan Terhadap Tumbuh dan Berkembangnya Pemukiman Kumuh diwilayah Bumi Sebiduk Sehaluan.

Bedah Rumah ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 “Bergerak Bersama PKK Wujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.

Dalam bedah rumah ini, Dinas Perkim OKU Timur bersama TP PKK OKU Timur melakukan RTLH milik keluarga Marto Utomo warga Desa Kotabaru Barat, Kecamatan Martapura dan Konip Irwandi warga Desa Negeri Agung Kecamatan BP. Peliung.

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Marto Utomo dan Konip Irwandi ini dilakukan langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes, pada Kamis (13/6/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut,Bupati OKU Timur yang diwakili oleh Plh. Asisten II Rayennaidi, S.H., M.M, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur Nur Inayah, S.Pd., Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman diwakili Kepala Bidang Perumahan Ir. Oman Jaya, S.T., M.M, Staf Khusus Ropingi Camat Martapura Herlius, S.Sos., M.M. dan Camat BP. Peliung Adrian Helmi, S.K.M., M.M.

Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dalam sambutannya menuturkan kegiatan ini rutin dilakukan pada setiap tahunnya.

Pemkab OKU Timur senantiasa berupaya untuk memberdayakan bantuan melalui APBD, CSR atau pihak lainnya untuk membantu masyarakat.

Menurutnya, dua rumah yang akan dibedah ini sudah sepatutnya untuk direnovasi, karena secara fisik tidak memenuhi rumah sehat, ketika rumah sudah jadi pemiliknya dapat berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Perilaku hidup bersih dan sehat juga harus diterapkan di dalam rumah. Percuma rumah bagus namun perilaku hidup tidak bersih dan sehat,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya rumah baru dapat mewujudkan cinta kasih antara keluarga dengan anak-anak, pembentukan karakter dan fungsi keagamaan.

“Mudah-mudahan dengan rumah baru membuat keluarga bahagia, lebih sehat dan lebih nyaman. Gunakan rumah ini sebagai jalan kebaikan agar membawa keberkahan untuk kita semua,” ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Timur yang diwakili oleh Plh. Asisten II Rayennaidi, S.H., M.M mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan kegiatan ini.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman melalui Kepala Bidang Perumahan Ir. Oman Jaya, S.T., M.M menyebutkan pada tahun 2023, telah direalisasikan pembangunan sebanyak 1.348 unit rumah.

“Ini pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan komitmen kita dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Marto Utomo mengucapkan terima kasih kepada Bupati OKU Timur, Dinas Perkim OKU Timur yang telah peduli dengan masyarakat melalui program bedah rumah.

Tentunya, lanjut Marto Utomo, program bedah rumah ini dapat membantu rumah kami yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni.

“Terima kasih Pak Bupati yang sangat peduli dengan masyarakatnya, semoga berkah dan menjadi amal jariyah bagi bapak sekeluarga serta Pemkab OKU Timur,” pungkasnya. (Boy)

News Feed