oleh

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Kata Kapolres OKU Timur Saat Bacakan Pidato Kepala Badan Ideologi Pancasila RI

OKUTIMUR,MS – Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK, MH saat bacakan pidato Kepala Badan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama bergotong royong merawat Anugrah Pancasila.

Demikian hal tersebut disampaikan Kapolres OKU Timur saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, yang digelar Lapangan Apel Satya Haprabu Polres OKU Timur, Sabtu (1/6/2024).

Ia mengatakan, melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” katanya.

Dikatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun ini mengambil Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia didalam Pancasila terkandung nilai nilai Inklusivitas toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam indentitas Nasional Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomi agar menjadi ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya.

“Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia, Pancasila diharapkan menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi dimasa depan,” tuturnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini turut diikuti oleh Kesatuan Upacara dari 1(satu) Pelton Gab Pju, Jajaran Kapolsek dan Perwira, 1(satu) Pelton Brig Polres, 1(satu) Pelton Sat Samapta, 1(satu)Pelton gab Res Intel dan Resnarkoba, 1(satu) Pelton Brig Lantas, dan 1 (satu) Pelton Gab Brig Polsek, serta 1(Satu) Pelton Asn. (Boy)

News Feed