You are here
Permenpora No 65 Tahun 2015 Acuan Penyelenggaraan Seleksi Paskibraka DAERAH HEADLINE 

Permenpora No 65 Tahun 2015 Acuan Penyelenggaraan Seleksi Paskibraka

LAHAT, MS – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Lahat, Iskandar Supratman SE MM menegaskan dari 269 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lahat akan diambil sebanyak 42 orang, dengan rincian 36 orang untuk Paskibraka Kabupaten Lahat, dan 6 orang akan dikirim ke Provinsi Sumatera Selatan dalam mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sumsel.

“Nanti pada tanggal 11 April 2019 ini sekitar pukul 14.00 WIB kita akan melakukan rapat dalam penentuan akhir seleksi Paskibraka. Dimana dari 269 yang ikut seleksi akan kita ambil sebanyak 42 orang dengan rincian 36 orang ke Paskibraka Kabupaten dan 6 orang lagi akan dikirim ke tingkat Provinsi,” kata Iskandar, Selasa (9/4/2019).

Dirinya menyebutkan untuk yang dikirim ke Paskibraka tingkat provinsi, jika sewaktu waktu ada sebanyak 6 orang tersebut bila dikembalikan ke Kabupaten Lahat, tentunya bisa mengurangi jatah Paskibraka tingkat Kabupaten Lahat.

“Iya, karena dari 36 Paskibraka tingkat Kabupaten Lahat ini, kalau ada Paskibraka Provinsi yang dikembalikan ke Lahat, otomatis diantara Paskibraka Kabupaten Lahat tersebut bisa digantikan dengan Paskibraka yang tidak lolos ke provinsi,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan dalam rekrutmen seleksi Paskibraka Kabuaten Lahat sudah sesuai petunjuk Permenpora No 65 Tahun 2015 tentang tata cara, petunjuk dan kriteria rekrutmen anggota paskibraka.

“Jadi untuk tahun 2019 ini rekrutmen hanya berlaku bagi siswa-siswi kelas 10, atau kelas satu SMA, SMK, MA. Untuk laki-laki tinggi 170 – 175, sementara perempuan maksimal 165 – 170. Hal ini sesuai dengan ketetapan pemerintah dan wajib kita jalankan, seleksi ini harus ketat mengingat yang diterima hanya 42 orang siswa-siswi terbaik dari yang terbaik,” paparnya.

Untuk itu, ia ingatkan agar para peserta seleksi benar-benar serius dan siap untuk menjadi anggota Paskibra, karena seluruh anggota Paskibra adalah siswa-siswi yang memang mempunyai bakat serta fisik yang kuat.

“Menjadi anggota Paskibra tidak mudah, karena harus siap melewati tahap demi tahap pelatihan dari tim yang telah dibentuk,” terangnya lagi.

Bahkan dirinya tidak menampik, jika ada calon Paskibraka tidak memenuhi persyaratan seperti tinggi badan yang kurang serta peserta ada yang terkendala di kesehatan, tentunya tim seleksi tidak akan meloloskan siswa tersebut.

“Mengapa demikian, karena hal ini sudah diatur dalam petunjuk Permenpora No 65 Tahun 2015 tentang Tata Cara, Petunjuk dan Kriteria Rekrutmen Anggota Paskibraka. Apalagi petunjuk ini berlaku dalam seleksi Paskibraka se Indonesia,” tandasnya.

Dirinya berharap, siapapun yang lulus dalam seleksi Paskibraka nanti, diharapkan bisa membanggakan Kabupaten Lahat.

“Dan bagi yang tidak lulus, saya harapkan jangan berkecil Hari, karena dalam seleksi ini sudah mengacu dalam petunjuk Permenpora No 65 Tahun 2015 tentang Tata Cara, Petunjuk dan Kriteria Rekrutmen Anggota Paskibraka,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kabid Kepemudaan, Nazarudin mengatakan, dari jumlah siswa yang mengikuti seleksi Paskibraka, ada sebanyak 269 orang. Dari sana dikerucutkan lagi menjadi 100 orang, dan kembali di kerucutkan lagi menjadi 42 orang dengan rincian 36 orang untuk Paskibraka tingkat Kabupaten dan 6 orang lagi dikirim ke tingkat Provinsi.

“Untuk seleksi Paskibraka ini terdiri dari atas tes Kesehatan yang meliputi mata, THT, lalu ada Psikologi, kemudian tinggi badan juga diukur, PBB, dan fisik,” tegasnya lagi.

Untuk tim seleksi berasal dari Kodim 0405 Lahat, Polres Lahat. Zipur, Dodikjur, Dinkes, Kesbangpol Lahat dan Purna Paskibraka Indonesia. (nur)

Related posts

Leave a Comment