oleh

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Bupati Enos Ajak Semua Komponen Gotong Royong Rawat Anugerah Pancasila

OKUTIMUR, MS – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Upacara ini dipimpin langusung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T bertempat dilapangan upacara Pemkab OKU Timur, Sabtu (1/6/2024).

Turut hadiri dalam upacara tersebut Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H, Sekretaris Daerah H. Jumadi, S.Sos, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kabag dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

Secara Nasional, Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam kesempatan itu, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi mengatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Mengutip Pidato Kepala BPIP tersebut, Bupati Enos menyampaikan, Pancasila harus senantiasa di jiwai dan di pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, pada kesempatan ini, orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan mengucapkan, selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya. (Boy)

News Feed