oleh

PJ Bupati Empat Lawang Tinjau Banjir di Kecamatan Paiker

EMPAT LAWANG – PJ Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri meninjau beberapa desa yang ada di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) yang terdampak banjir, Senin (13/5/2024).

Sebelum meninjau beberapa titik banjir, sekolah rusak dan jalan putus, Pj Bupati berjanji akan segera mengatasi banjir di Kecamatan Paiker.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tetap siaga mudah-mudahan hanya batas ini, tapi kalau seandainya terjadi hal yang lebih dari ini kita harus standby siap untuk melakukan mobilisasi keluar ataupun mencari tempat perlindungan yang lebih aman,” katanya.

Ia juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk jangka panjang ia memohon dukungan kepada masyarakat Pasemah Air Keruh untuk mencari alternatif aktivitas lain di daerah hulu sungai.

“Ini merupakan rangkaian akibat dari dampak sebab, sebabnya apa di hulu sungai terjadi genangan yang berasal dari rintisan hutan yang menjadi dam, jadi jangka panjang ke depan mohon dukungan dari masyarakat agar Paiker yang beraktivitas di hutan kawasan harapan kami bisa paham untuk mencari aktivitas lain sebab satu dua orang berbuat dampaknya seluruh wilayah,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, setelah 3 hari 3 malam warga di beberapa desa dalam Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) Kabupaten Empat Lawang Sumsel mengeluhkan banjir yang berdampak merusak areal pertanian, dan meninggalkan lumpur di lingkungan rumah dan jalan raya, serta merusak beberapa fasilitas pemerintah seperti jembatan gantung terputus serta jalan penghubung antara Dusun II Pulau Tengah Desa Bandar Agung dengan Desa Talang Padang.

Terjangan sungai keruh juga menggerus pondasi sekolah SMPN 03 Paiker dan menggenangi halaman Kantor camat Paiker, Puskesmas dan Kantor BKKBN serta SDN 02 Paiker.

Diareal lain, jalan di pertengahan Desa Talang Randai mengalami banjir besar atas aliran sungai keruh yang menembus di belakang Puskesmas Paiker hingga menyatu di arus air hangat sehingga bagian hulu dan bagian hilir desa Air Mayan juga tergenang banjir, selain itu aliran sungai keruh juga menerobos di belakang SMPN 03 Paiker hingga membanjiri persawahan dan perkebunan warga desa Talang Padang Ratusan hektar persawahan dan perkebunan serta tanaman warga di beberapa desa yang terdampak banjir mengalami kerusakan. (Tarzanboy)

News Feed