oleh

PJ Bupati M Farid melaunching Aplikasi Srikandi

LAHAT,MS – PJ Bupati Lahat M Farid melaunching Aplikasi Srikandi ( sistim Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang dihadiri oleh direktur Kearsipan
Secara Virtual, bertempat digedung serba guna Pemkab Lahat, Rabu (27/3/24).

Kapala Dinas Perpustakaan dan kearsipan H Firdaus Kurniawan, SE. MSi. Menerangkan bahwasanya aplikasi Srikandi ini ditopang empat kementerian atau lembaga yaitu, kementerian pan RB menangani koordinasi dan regulasi, arsip Nasional Republik Indonesia menangani data informasi pengelolaan arsip dinamis, kementerian kominfo menangani pengembangan dan aplikasi dan penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dan badan cyber dan sandi negara menangani aplikasi dan sertifikat elektronik.

Launching aplikasi Srikandi ini dilakukan berdasarkan pada peraturan presiden Republik Indonesia nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan arahan Bupati Lahat untuk segera melaksanakan transformasi digital di seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat.

” Tujuan dari launching aplikasi Srikandi ini merupakan wujud nyata komitmen kepala OPD dalam mengelola arsip guna mendukung kualitas layanan kepada masyarakat dan reformasi birokrasi dengan harapan indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik Kabupaten Lahat dapat meningkat,” tuturnya.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S. STP, M. Si menyampaikan bahwa Aplikasi SRIKANDI ini adalah perwujudan inovasi Transformasi Digital, yang akan mengubah cara pengarsipan di Kabupaten Lahat menjadi lebih efisien dan efektif.

“Keinginan pemerintah melalui penggunaan aplikasi ini agar lebih efektif dan efisien,”jelasnya.

Ia juga mengharapkan agar aplikasi SRIKANDI berjalan baik, selain itu dirinya juga mengingatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk memperhatikan sarana pendukung, diantaranya listrik dan jaringan internet yang memadai.

“Agar aplikasi SRIKANDI berjalan dengan baik hendaknya ditentukan dari diri kita sendiri. Serta menyiapkan keperluan seperti daya listrik dan jaringan internet yang memadai, Sebab secanggih apapun teknologi yang digunakan namun kalau manusianya tidak mendukung akan sia – sia,”tutupnya.

Launching aplikasi Srikandi diikuti oleh Sekda Lahat, kepala OPD, para camat, utusan Dinas Perpustakaan dari kabupaten/kota Muara Enim, Pagar Alam, Empal Lawang,Muba, Oku,Muratara dan Prabumulih.

News Feed