oleh

PJ Bupati Temui Tiga Pelajar SMP Lahat yang Mendapat Beasiswa SMA Negeri Sumatera Selatan

LAHAT, MS – PJ Bupati Lahat M Farid bersilaturahmi dengan peserta didik kabupaten Lahat yang diterima di SMA Negeri Sumatera Selatan melalui jalur prestasi.

Tiga peserta didik yang telah mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten Lahat yaitu Adinda Tiara Putri dari SMP Negeri 2 Pagar Gunung, M Abizar Algifari dan Fajrin Al Majid berasal dari SMP Negeri 2 Lahat.

Kehadiran ketiga anak yang mengharumkan nama baik kabupaten Lahat ini didampingi oleh kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Lahat Niel Aldrin, sekretaris Disdikbud Lahat Asperi, kepala SMP 2 Lahat, kepala SMP 2 Pagar Gunung beserta para guru, yang merupakan tamu undangan dari kepala daerah sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian para pelajar ini.

Mereka diundang Pj Bupati Lahat kerumah dinas, Kamis (20/6/23) untuk menceritakan perjalanan (proses) yang telah mereka lalui hingga dapat lolos menjadi siswa di SMA Sumatera Selatan, serta diberikan penghargaan.

M Abizar Algifari dihapan PJ Bupati Lahat menceritakan perjalannya dan perjuangannya didalam mengikuti tes seleksi hingga dapat lolos menjadi siswa SMA Sumatera Selatan.

Abizar yang mendapatkan informasi tentang SMA ini mulai dari guru di SD, yang mengatakan SMA Sumatera Selatan ini merupakan sekolah yang berbasiskan prestasi, hanya anak anak yang berprestasi dapat mengikuti seleksi dan menjadi peserta didik.

” Mulai dari sana saya mulai belajar di SMP N 2 Lahat, dan berusaha, terus belajar agar mendapatkan prestasi disekolah, dan Alhamdulilah samapi kelas sembilan saya dapat memenuhi syarat untuk mengikuti tes untuk menjadi peserta didik, setelah mengikuti tes akhirnya saya dinyatakan diterima di SMA Sesumatera selatan,” tuturnya.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, SSTP. MSi menceritakan, selama menjabat sebagai PJ Bupati Lahat, dirinya selalu mendapatkan kejutan dari anak-anak Lahat. Berbagai prestasi ditorehkan peserta didik, dari tingkat kecamatan, provinsi hingga nasional. Farid menyadari, tentu hal tersebut tidaklah mudah untuk dicapai, ada rintangan dan proses sulit yang menyita energi dan menekan kedisiplinan mereka. Proses atas prestasi yang telah mereka raih penting untuk dihargai karena membanggakan semua.

“Hargai bukan hanya di hasil tetapi penting pada saat melainkan proses untuk bisa lolos. Sebab pendidikan ini ialah investasi jangka panjang,” tuturnya.

Diantara ratusan pelajar tingkat SMP se-Sumatera Selatan khususnya yang mendaftar jalur prestasi di SMA Negeri Sumatera Selatan, tiga kuota berhasil diperebutkan oleh peserta didik asal Lahat. Selain pintar dan garis tangan, usaha yang maksimal juga dibutuhkan untuk meraih itu. Disamping support dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat serta pihak sekolah dengan menyediakan fasilitas yang lengkap, sarana prasarana memadai, serta dewan guru yang telah mendidik dengan sabar diikuti dedikasi peserta didik.

“Anak-anak berprestasi layak diberi panggung,” kata Farid.

Farid berpesan agar pelajar dapat konsisten dan terus berkomitmen dalam mengharumkan nama dirinya, orang tua, sekolah serta asalnya. Karena semakin besar prestasi akan meningkatkan semangat belajar anak. Dari sini juga, membangun karakter bangsa.

“Apa yang kita lakukan berulang-ulang itu adalah branding diri kita. Jadi, sekecil apapun prestasi dari anak sudah membuat kita bahagia,” sampainya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP menerangkan, beasiswa yang telah diraih anak merupakan beasiswa pendidikan, asrama dan uang saku. disamping itu juga, Pemkab Lahat melalui Disdikbud Lahat akan terus memantau perkembangan peserta didik yang ada di Lahat, dan mendorong mereka terus raih prestasi.

“Bukan kali ini saja, peserta didik Lahat mendapat beasiswa tapi tahun sebelumnya juga sudah ada. Kami akan terus mencari bibit-bibit unggul di Lahat,” tutupnya.

News Feed