oleh

PKK Kabupaten Muratara Lakukan Penilaian Lomba 10 Program PKK

*Edi Riyanto : Penilain Bukan Akhir-Tapi awal Kerja Lebih Baik

MURATARA – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), melakukan penilain lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten di 7 Kecamatan dalam wilayah Bumi Berselang Serundingan, Kamis (13/05/2024).

Penilaian lomba 10 Program PKK tersebut telah dilakukan 3 hari, di Kecamatan Karang Jaya, Kecamatan Rupit dan Kecamatan Karang Dapo yang dilakukan oleh tim PKK Kabupaten Muratara sekaligus memberikan pembinaan terhadap PKK Desa.

Ketua PKK Kabupaten Muratara, Hj. Rita Suryani melalui wakil Ketua PKK Kabupaten Muratara, Umi Desi Anggraini mengatakan, penilaian lomba 10 program PKK ini telah dilaksanakan sejak senin lalu. Dan akan berlanjut kesetiap kecamatan.

“Lomba ini adalah kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun untuk dilakukan penilaian PKK yang terbaik dalam menjalankan 10 Program PKK untuk diikutsertakan dalam lomba PKK tingkat Provinsi Sumatera Selatan,” kata Umi Desi.

Dilanjutkanya, lomba 10 Program Pokok PKK melalukan evaluasi dan pembinaan di terhadap PKK Desa agar keberadaan PKK dapat dirasakan masyarakat desa dalam ikut serta pembangunan kesejateraan masyarakat desa.

“Saya apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Desa Bina Karya. Sekaligus memberikan motivasi untuk tetap malakukan capaian yang lebih baik lagi. Tapi harus tetap menggali kembali potensi-potensi yang ada di Desa,” katanya.

Menurut Umi Anggraini menyampaikan, potensi-potensi yang ada di Desa Bina Karya ini harus digali secara maksimal dan menjadi percontohan secara nasinonal. “Kami harapkan kader PKK agar selalu aktif Musrenbangdes. Karena dengan mengikuti Musrenbangdes, para kader mempunyai andil untuk ikut memunculkan kegiatan strategi prioritas,” sampainya.

Sementara Kepala Desa Bina Karya, Edi Riyanto menyampaikan TP PKK Desa Bina Karya mempunyai program unggulan dari usaha kecil menengah. Dari berbagai produk olahan yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK.

“Banyak produk olahan yang telah dihasilkan ibu-ibu PKK. Seperti lahan keripik, minuman gingseng dari serai, kerupuk, olahan ikan pedo, ikan pundang, tiwel dari ubi kayu, serta kerajinan tangan dari bahan limbah dan kerajinan UMKM seperti tas, tempat buah dan lain sebagainya,” kata Kades.

Dirinya juga sampaikan, ucapan terimah kasih kepada tim PKK Kabupaten Muratara yang telah melakukan penilaian sekaligus pembinaan terhadap PKK Desa Bina Karya.

“Penilaian ini bukan sebuah akhir untuk mencapai keinginan, melainkan evaluasi bagi kami yang selama ini kami kerjakan untuk lebih baik lavi dalam menjalankan program untuk kesejateraan bagi masyarakat dan kemajuan bagi Desa Bina Karya,” sampai Kades.

Dirinya juga berpwsan kepada PKK Desa Bina Karya, bahwa penilaian dan pembinaan yang diberikan oleh PKK Kabupaten Muratara, bukan akhir yang dikerjakan. Namun awal kerja bagi PKK Desa Bina Karya. “Sehingga penilain ini menjadi tolak ukur kedepan agar PKK Desa Bina Karya lebih semangat lagi dalam bekerja,” sampainya. (Bar)

News Feed