You are here
PT IBP Support Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilu HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

PT IBP Support Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilu

Sanga Desa 4

MUSI BANYUASIN, MS – Ratusan Karyawan PT Intimegah Bestari Pertiwi (PT IBP) di Desa Kemang Kecamatan Sanga Desa mengikuti acara sosialisasi tahapan Pemilu.

Acara itu sendiri digelar oleh KPU Musi Banyuasin (Muba) melalui Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) Bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam lingkungan Perusahaan PT IBP.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Divisi IV PT IBP Kebun SAE, Selasa (24/4/2018) adalah bagian dari tahapan Pemilu demi mendongkrak angka partisipasi pemilih jelang pemiilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel pada bulan 27 Juni tahun 2018 mendatang.

Dalam kegiatan itu juga hadir para pimpinan PT IBP Kebun SAE dan Kebun MBE bersama para staf perusahaan bersama PPK, Panwascam, Camat dan Polsek Sanga Desa.

Manager PT IBP Kebun SAE, M Arief Bestari didampingi oleh Manager Estate MBE, Rodiyanto menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh PPK bersama Panwascam Sanga Desa bertujuan menyampaikan tahapan Pemilukada dan sosialisasikan tentang tata cara agar para pemilh menggunakan hak pilihnya saat pesta demokrasi berlansung nanti.

“Tujuan dari acara sosialisasi ini adalah supaya para karyawan menggunakan hak pilihnya saat Pilkada berlansung nanti. Kami siap mensupport sosialisasi, sehingga angka partisipasi pemilih bisa meningkat lagi. Dan tidak ada yang tidak menggunakan hak pilihnya (tidak ada golput, red) terjadi dikalangan karyawan,” ujarnya.

Bahkan bila ada kartu atau administrasi kependududukan yang belum selesai akan segera diurus didesa masing-masing yang terdekat dari divisi tempat kerjanya.

“Seperti karyawan di Divisi 2 lebih dekat dengan desa Ulak Embacang agar bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah desa atau penyelenggara Pemilu. Apabila masih memungkin data kependudukan tersebut, masih bisa dicek kembali. Hingga karyawan selaku pemilih bisa menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Ketua PPK Sanga Desa Rusmin Nuryadin SH MH bersama Divisi Hubungan antar Lembaga M Husyaini SPd Msi menjelaskan kegiatan itu bagian dari tahapan pemilu yang diselenggarakan oleh KPUD Muba melalui PPK Sanga Desa dalam rangka meningkatkan angka partisipasi Pemilih. Dengan tujuan agar para pemilih bisa menggunakan hak pilihnya sesuai prosedur dan selalu dalam pengawasan tim Panwascam.

“Sosialisasi dilakukan dengan tujuan mendukung KPUD Musi Banyuasin,sesuai dengan UU nomor 10 tahun 2016 tentang tahapan Pemilu, program dan jadwal penyelenggaraan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan pada tangggal 27 Juni tahun 2018 nanti. Dan PKPU Nomor 10 tahun 2018 tentang Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan angka partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Untuk itu kepada para pemilih yang berada diarea PT.IBP, perlu jangkau dan infomasikan supaya mengetahui adanya pesta demokrasi serta kepada pihak perusahaan juga agar dapat membantu mempermudah akses bagi mereka yang hendak menggunakan hak pilihnya saat Pencoblosan berlansung,” tegasnya.

Senada juga diungkapkan oleh Camat Sanga Desa H Irwan Sazili Ssos Msi mengimbau agar para karyawan yang belum memiliki administrasi kependudukan agar segera mengurus pada dinas terkait.

“Kami minta supaya ibu-ibu atau bapak-bapak memiliki data kependudukannya atau E-KTP yang belum terdaftar selaku pemilih, segera laporkan kepada PPK agar bisa dicarikan jalan keluarnya. Supaya ibu dan bapak bisa menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Ditempat yang Sama Kapolsek Sanga Desa,Iptu Mukhlis SH melalui Kanit Reskrim Aiptu Indra Jaya SH bersama Kanit Binmas, Bripka Tulus Ade Setia SH menuturkan bahwa selaku aparat kepolisian pihaknya hanya menghadiri dan memantau kegiatan dengan harapan suasana tetap kondusif.

“Selaku aparat kepolisian kami berharap supaya masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban menjelang dan saat Pemilukada berlansung nanti. Jaga suasana agar kondusif dan tidak terpancing, bila ada isu SARA atau isu-isu yang dapat menimbulkan kericuhan ditengah masyarakat. Dan gunakanlah hak pilih saat Pilkada berlansung nanti,” pintanya.

Ketua Panwascam, Sulaiman SIp didampingi Divisi Hukum dan Penindakan,Yuskenedi. ketika berbincang dengan Wartawan Metro Sumatera mengatakan sejauh ini belum ada ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh penyeleggara pemilu maupun dari tim Paslon. Karena Panwascam saat sosialisasi dilaksanakan, terus melakukan tugasnya sebagai pencegahan, pengawasan dan penindakkan bila dtemukan atau laporan pelanggaran pilkada terjadi.

“Upaya yang telah dilakukan oleh Panwascam sebagai langkah preventif adalah dengan menghadiri kegiatan sosialisasi dan lakukan pengawasan. Sosialisasi dilakukan karena memang seluruh element stakholder juga bertanggung jawab untuk mengurangi angka golput. Sesuai dengan UU nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada,” ungkapnya. (SBA)

Related posts

Leave a Comment