You are here
Ratusan Warga Ngulak Terima Sertifikat Tanah Gratis PTSL DAERAH HEADLINE 

Ratusan Warga Ngulak Terima Sertifikat Tanah Gratis PTSL

Syamsul 3

MUSI BANYUASIN, MS – Ratusan warga Kelurahan Ngulak, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menerima sertifikat tanah gratis program (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) PTSL, Selasa (8/1/2019).

Acara pembagian sertifikat tanah gratis ini sebagai hasil final dari Base Mapping yang dilakukan oleh Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Musi Banyuasin beberapa waktu lalu.

Lurah Ngulak, Rusmin Nuryadin SH MH mengapresiasi kepada pihak ATR/BPN Muba, Camat Sanga Desa dan Pihak BPPRD Sanga Desa, yang telah membantu warga untuk memproleh sertifikat tanah gratis melalui inovasi program PTSL.

Dia berharap Kelurahan Ngulak bisa mencapai target 100 persen dalam pembuatan sertifikat tanah warga melalui PTSL. “Saya ucapkan apresiasi kepada pihak ATR/BPN Muba dan Camat Sanga Desa,yang telah membantu pemerintah kelurahan Ngulak. Hingga warga bisa mendapatkan sertifikat tanah gratis. Terima kasih juga atas integritas seluruh jajaran staf kantor kelurahan Ngulak yang telah bersinergis bersama masyarakat ketika pelaksanaan proses administrasi keperluan pembuatan sertifikat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rusmin Nuryadin mengatakan, bahwa sertifikat yang akan dibagikan oleh Pihak ATR/BPN Muba telah mencapai sekitar 87 persen atau berjumlah 91 lembar sertifikat dari 105 lembar sertifikat yang diterbitkan oleh pihak ATR/BPN Muba untuk kelurahan Ngulak.
Sementara sisanya, belum bisa diberikan kepada yang bersangkutan karena masih belum lengkap administrasi bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dengan demikian, dirinya merasa sangat senang atas sikap antusias dan kooperatif dari warga yang cukup tinggi pada program PTSL ini.

“Hal ini tentunya sangat membantu guna melayani masyarakatsendiri dalam pembuatan sertifikat tanah bagi warga yang kurang mampu. Sehingga masyarakat memproleh kepastian hukum atas kepemilikan tanah dan memperkecil potensi konflik agraria, Sebagai mana tertuang dalam Peraturan Menteri ATR/BPN No 12 tahun 2017 Tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 Tahun 2018 yang meluncurkan program PTSL,” Tuturnya

Dalam kesempatan yang sama Camat Sanga Desa,Suganda.AP.Msi juga mengungkapkan hal senada. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pihak ATR/BPN Muba yang telah membagikan sertifikat kepada masyarakat kelurahan Ngulak.

“Saya juga merasa senang para warga kelurahan Ngulak dengan begitu antusias menghadiri acara ini. Terima kasih kepada Pak Lurah Ngulak yang telah ikut mensuksekan program PTSL diwilayah kelurahan Ngulak kecamatan Sanga Desa. Sebanyak 91 orang warga telah memproleh sertifikat gratis pada hari ini. Dan saya berharap kelurahan Ngulak dalam waktu dekat bisa terus meningkatkan jumlah masyarakat yang mendapatkan sertifikat,” imbuhnya.

Ditempat dan acara yang sama Kepala ATR/BPN Musi Banyuasin (Muba),Melalui Kasi Infrastruktur Pertanahan, Handry Uswander.HP.SST.SH.MH yang juga Ketua Panitia Adjusdikasi percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari ATR/BPN Kab Muba. Handry juga mengatakan, ia bersama tim merasa sangat senang atas sambutan dan kerjasama yang telah diberikan oleh Lurah Ngulak bersama jajaran kepada pihaknya.

“Kami dari pihak ATR/BPN Kabupaten Muba apresiasi kepada warga dan pemerintah kelurahan Ngulak, yang dengan antusiasnya menghadiri acara penyerahan sertifikat dari ATR/BPN Kab Muba melalui Program PTSL. Dan kami juga sangat berterima kasih kepada Lurah bersama unsur jajaran pemerintah kelurahan Ngulak,yang telah banyak membantu dan mensupport kami selama melakukan proses Base Mapping sampai urusan kelengkapan administrasi untuk pembuatan sertifikat masyarakat. Hingga kami sangat terbantu sekali, juga baru di kelurahan Ngulak ini antusias masyarakat yang tinggi dalam menghadiri acara penyerahan sertifikat dengan kehadiran paling banyak,” katanya (SBA)

Related posts

Leave a Comment