You are here
Refly Harun: Money Politik Masih Rentan Terjadi HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Refly Harun: Money Politik Masih Rentan Terjadi

LUBUKLINGGAU, MS – Pesta demokrasi sekelas pilkada baik pilgub, pileg hingga Pilkada Kota Lubuklinggau dinilai Pakar Hukum Tata Negara, Dr Refly Harun tak luput dari ajang money politik. Meski hanya dengan persentase kecil ajang bagi- bagi duit untuk mendulang perolehan suara masih kerap terjadi dimasyarakat.

“Secara global Pilkada di Indonesia itu sama ya, tapi ada dibeberapa daerah yang berbeda intensitas kekerasan yang tinggi bahkan hingga menyebabkan korban jiwa. Dan saya tidak percaya kalau money politik itu tidak ada ya sesuai janji calon, tapi mudah – mudahan itu bisa di minimalisir dengan pengawasan terbaik oleh Bawaslu secara aktif maupun pengawasan oleh masyarakat sendiri dengan melaporkan tindakan – tidakan yang membuat Pilkada itu tidak Jujur dan adil,” ungkapnya.

Diwawancarai awak media usai menjadi fanelis pada acara debat publik ke 2 yang di selenggarakan KPU Kota Lubuklinggau, Sabtu (23/06/2018) Refly menambahkan suhu politik pemilihan walikota dan wakil walikota Lubuklinggau yang digadang – gadang akan menjadi contoh pilkada damai di provinsi Sumatera Selatan khususnya.

“Saya secara pribadi melihat dan mendengar suhu politik di Lubuklinggau cukup kondusif. Sampai hari ini saya tidak pernah mendengar hal- hal yang memicu konflik,” tambahnya.

Refly berharap kondisi ini tetap terjadi hingga 27 juni nanti. Siapapun yang terpilih nanti mampu menggambarkan demokrasi yang sedang kita bangun.

“Mudah-mudahan para paslon menepati janjinya kepada masyarakat untuk tidak melakukan money politik walaupun saya tidak yakin,” pungkasnya. (dhiae)

Related posts

Leave a Comment