oleh

Rumah di Bantaran Sungai bakal Direlokasi, Bupati Berikan Rumah Gratis

iklan-hanura-copy

PALI, MS – Dalam peraturan pemerintahan, masyarakat dilarang mendirikan rumah atau pemukiman, terletak di pinggiran bantaran sungai, oleh karena itu pemerintahan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK), tahun 2017 bakal merelokasi rumah yang ada di Jalan Talang Pipa, kelurahan Talang Ubi Barat, kecamatan Talang Ubi, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Kadin PU CK kabupaten PALI, Ir Slamet Irianto MSi, mengungkapkan bahwa dalam menanggulangi bencana alam, seperti banjir perlu ada normalisasi sungai, atau pelebaran sungai, oleh karena itu Bupati Ir Heri Amalindo MM, memerintahkan seluruh instansi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana alam, agar tetap bekerja dengan optimal, Sabtu (10/12).

“Pihaknya bekerja sama dengan kelurahan Talang Ubi Barat, akan merelokasikan rumah yang ada di Pinggiran Sungai Abab, kecamatan Talang Ubi, akan tetapi sebelum merelokasikan rumah tersebut, perlu ada rumah yang permanen untuk masyarakat, oleh karena itu pemerintahan masih mencari tanah hibah, untuk mendirikan rumah pemukiman masyarakat, ” ucapnya.

Bahkan pemerintah tahun 2017 berencana akan memberikan 50 unit rumah, untuk masyarakat yang kena gusur, pemberian rumah tersebut secara cuma-cuma (Gratis), dari tanah hingga rumah tersebut, soal tipenya itu soal teknis dilapangan, disini masih mencari tanah hibah yang cukup besar, sebab merelokasikan rumah menjadi satu lokasi.

Sementara itu Lurah Talang Ubi Barat, Hardin, membenarkan adanya pemindahan pemukiman rumah yang ada di pinggiran sungai Abab, akan tetapi masih tahapan saja, dan menunggu tanah hibah, untuk memindahkan rumah yang kena gusur.

“Saya bersama kecamatan, dan Instansi terkait, terus mencari tanah yang mau dihibahkan, dan tanah tersebut, akan dibangunkan rumah permanen, setelah itu dibangunkan, akan diberikan masyarakat yang kena gusur, pembangunanpun hanya 50 rumah saja, dan tahun kedepan akan dibangunkan rumah selanjutnya, sesuai rumah yang kena gusur, ” tuturnya. (Yeng)

News Feed