You are here
Sat Pol PP dan Sat Linmas Goyang ‘Maumere’ DAERAH HEADLINE 

Sat Pol PP dan Sat Linmas Goyang ‘Maumere’

MUARAENIM, MS – HUT Satpol PP ke-68 dan HUT Satlinmas ke-56 tingkat Kabupaten Muaraenimyang dilangsungkan di halaman kantor Bupati Muaraenim, Senin (26/3/2018) berlangsung meriah.

Kemeriahan ini terjadi setelah Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar bersama ratusan anggota Satpol PP goyang ‘Maumere’ bersama diiringi lagu daerah Gemu Famire.

Selain Bupati, goyang Maumere yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini juga diikuti Kepala Kejari Muaraenim Rustam, Ketua DPRD Muaraenim Aries HB, Kepala BNNK Muaraenim Ika Wahyu Hindaryati, Sekda Muaraenim H Hasanudin, Ketua KPUD Muaraenim Rohani, Kepala Dinas Perhubungan H Riswandar serta sejumlah anggota Satlinmas, mahasiswa dari Yayasan Perguruan Serasan, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah dan Akbid Muaraenim.

Meski sedikit kaku, Bupati H Muzakir Sai Sohar tampak menikmati goyang Maumere tersebut. Sorak sorai para ratusan anggota Satpol PP semakin membuat suasana makin semarak.

Saat menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pada upacara memperingati HUT Satpol PP dan Satlinmas, Bupati Muaraenim mengatakan tahun 2018 adalah tahun politik.

Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar, yakni Pilkada serentak dan tahapan pemilihan Legislatif serta pemilihan Presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan.

Terhadap agenda nasional ini, peran Satpol PP dan Satlinmas menjadi penting di tahun politik. Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut. Maka kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan.

“Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga,” kata Bupati.

Tugas pokok lainnya, lanjut Bupati, ikut membantu dalam kontek tugas sosial. Tentu, di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat.

Untuk itu, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi.

“Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini,” ujar Bupati masih menyampaikan amanat Mendagri.

Dalam menjalankan tugas menjaga dan melindungi masyarakat, Bupati mengingatkan Satpol PP dan Satlinmas harus tetap berpedoman pada aturan yang ada. Pedoman yang dimaksud, Peraturan Mendagri No 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu. (azw)

Related posts

Leave a Comment