You are here
Satgas Kahutla TNI,POLRI,BPBD Mangala Agni Muba Bahu Membahu Padamkan Sisa Api DAERAH HEADLINE 

Satgas Kahutla TNI,POLRI,BPBD Mangala Agni Muba Bahu Membahu Padamkan Sisa Api

MUSI BANYUASIN, MS – Memasuki hari Ke 3 Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melanda Trans SP3 Desa Jud 1. Satgas Karhutla yang tergabung dari TNI, Polri, Manggala Agni, dan BPBD Muba masih bahu membahu dalam melakukan pemadaman sisa – sisa Api yang masih ada di lahan warga, kondisi lahan yang bersifat gambut membuat Api belum bisa dipastikan benar – benar padam.

Dikomandoi oleh Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani,S.sos yang terjun langsung dalam melakukan Pemadaman Api. Satgas Darat dan Helikopter Water Bombing terus dikerahkan agar sisa – sisa api cepat dipadamkan.

Informasi yang dihimpun, Kebakaran Hutan dan Lahan tersebut sempat mendekati Permukiman Warga, mengantisipasi menjalarnya api Satgas Karhutla sigap membuat Sekatan menggunakan Excavator. Diketahui Satgas Karhutla sejak malam tadi hingga Pagi hari ini, Sabtu (10/8/2019) telah melakukan aksi pemadaman Sisa-sisa Api.

Senada disampaikan Dandim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani,S.sos yang sejak pagi berada dilokasi Karhutla untuk membantu Satgas lainnya memadamkan Api, dalam kesempatannya Dandim menjelaskan bahwa Api memang telah mendekati Permukiman Warga.

” Ada beberapa rumah yang sudah ditinggal penghuninya (kosong), sementara itu untuk rumah yang masih berpenghuni serta mushola kemarin sudah kita sekat menggunakan Excavator, disana Ada 17-an kk, tapi rata-rata berada di seberang lahan yang terbakar, “Dikatakan Dandim melalui Via Whatappsnya, Sabtu (10/8/2019).

Sementara informasi yang dihimpun, menurut Sumber data dari Tim Monitoring Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan melalui Hotspot ada 13 titik api yang tersebar di 6 Kabupaten yang ada di Sumatera Selatan salah satunya Kabupaten Musi Banyuasin yang terpantau Hotspot ada 3 titik api yang terdeteksi.

Pada kesempatan itu juga Dandim 0401/Muba dalam penjelasannya mengatakan, ” Mudah – mudahan itu hanya Hotspot dan bukan Firespot. Saat ini anggota masih memastikan api tidak ada lagi dengan cara menyemprot dengan air. Serta Water Boombing (WB) pun saat ini juga sedang berjalan memadamkan api melalu Udara, “Jelasnya melalui Via Whatapps. (ril)

Related posts

Leave a Comment