oleh

SDN 2 Embacang Baru Salurkan Bantuan Korban Banjir, Ajarkan Kepada Anak Rasa Sosial

BANJIR bandang yang melanda di sejumblah wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), menjadi peristiwa bencana alam yang sangat berdampak hingga menelan korban. Begitu pula bagi dunia pendidikan takluput dari bencana tersebut yang ikut terendam banjir….?

AKBAR SAFE’I – MURATARA

Peristiwa alam yang menimbulkan bencana banjir pada Selasa (16/04/2024) kemarin, diwilayah Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, meninggalkan sejarah banjir yang memilukan bagi masyarakat.

Mulai dari puluhan rumah yang hanyut serta hancur di Desa Lubuk Kumbung, Suka Menang dan sekitarnya. Banjir juga menelan 3 korbannya, menghancurkan fasilitas umum jembatan, memutus akses jalan pedesaan hingga perkebunan masyarakat.

Tidak haanya itu, banjir juga hampir merata disetiap wilayah, namun titik terparah berdampak pada masyarakat yang ada dibantaran sungai Rupit dan sungai Rawas. Dampaknya juga kepada harta benda masyarakat, yang tidak dapat diselamatkan oleh terjangan air meluap kepermukiman hingga menenggelamkan harta benda warga.

Dibalik peristiwa tersebut banyak juga menimbulkan rasa kemanusian bagi masyarakat yang hidup sebagai umat beragama dan hidup bersosial disesama harus saling menolong dan peludi terhadap saudara.

Begitulahlah yang dilakukan oleh pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Embacang Baru, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, turut berpartisipasi memberikan bantuan kemanusian kepada korban banjir.

Bantuan yang diberikan upaya dari pihak SDN2 Embacang Baru, berupa pakaian sebanyak 8 Karung, seperti pakaian bayi, anak sekolah, pakaian orang tua, selimut, alat tulis belajar siswa dan sembako.

Kepala SDN2 Embacang Baru, Yesi Desma, S. Pd mengatakan saat dibincangi Metro Sumatera, menuturkan kegiatan kemanusian yang dilakukan oleh jajaran sekolah turut berpartisipasi dalam hal musibah bencana alam tersebut untuk merikankan beban bagi yang terkena bencana.

“Kita memberikan bantuan ini berhadap bantuan yang kami berikan dapat meringkan beban bagi yang terkena dampak banjir,” kata dia.

Selain itu, melalui bantuan kemanusian ini juga mengajarkan kepada anak-anak didik kami, sejak sekolah dasar agar tumbuh rasa sosilnya dimasayarakat dan tumbuh rasa kemanusian setiap diri anak saat mengetahui saudara, kerabat atau orang lain yang lagi terkena musibah dan pertolongan.

Sebelumnya, lanjut Kepsek SDN2 Embacang Baru Yusi Desma, pihaknya sudah menyalurkan bantu didesa Muara Batang Empuh maupunpun di Desa Sukamenang kepada warga yang terdampak banjir.

“Kami sudah mendistribuaikan bantuan pasca banjir di desa muara batang empuh dan suka menang. Berupa sembako, pakaian maupun alat belajar bagi anak-anak yang masih sekolah. Hari ini (kemarin-red) kita akan kedesa Lubuk Kumbung,” jelas dia.

Sementara itu, salah seorang warga yang mendapatkan bantuan, Dewi (56) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar SDN2 Wmbacang baru yang telah ikut berpartifasi dalam membantu kesulitan masyarakat.
“Kepada Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Siswa yang telah memberikan bantuan kami sayang berterimah kasih, meringankan penderitaan masyarakat,” kata dia.

News Feed