You are here
Sekda Lantik 4 Pj Kades HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Sekda Lantik 4 Pj Kades

MURATARA, MS – Sekretaris Daerah (Sekda) Musirawas Utara (Muratara), H Abdullah Makcik melantik empat Pj Kepala Desa (Kades) yang bertempat di Gedung Serbaguna, Kecamatan Rawas Ulu, Selasa (13/6/2017).

Empat Pj Kades yang dilantik, yakni Pj Kades Tanjung Raja, Dahmudin, Pj Kades Pangkalan, Abdullah, Pj Kades Pulau Lebar, M Yusuf dan Pj Kades Kertasari, Hadis Parman. “Meski hanya pejabat sementara, fungsi dan keteladanan kades harus optimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Pj Kades harus terbuka dalam program yang dilaksanakan, agar hasil pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan sebaiknya untuk masyarakat desa,” ungkap Sekda Muratara.

Ia meminta, agar kades juga bisa mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya menyerap aspirasi dan menyampaikan program pembangunan kepada Bupati dan Wakil Bupati Muratara, agar program yang real itu memang dirasakan masyarakat. “Sebab, kades merupakan corong terdepan bagi daerah, khususnya di bidang pembangunan,” kata dia.

Diakuinya, ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan oleh para kades, selain harus optimal dalam menggunakan dana desa tanpa penyelewangan, penggunaannya pun diharapkan dapat dipertanggungjawabkan sesuai kebutuhannya.

“Apabila ada kendala, silahkan koordinasi dengan pihak kecamatan atau PMD, sehingga tidak ada kekeliruan maupun penyelewangan penggunaan dana desa tersebut. Saya harapkan, dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), kedepan dapat mengeksplor industri rumah tangga bagi warga setempat,” jelasnya.

Ia mencotohkan, eksplor jeruk dengan sirup bahkan telah diterapkan di Desa Terusan. Bahkan, telah dapat dipasarkan melalui Bumdes. Sementara, bagi kades yang belum paham terkait pembentukannya, diminta berkoordinasi dengan Bagian Hukum Setda Muratara. “Kades juga diminta dapat menciptakan iklim politik yang kondusif di daerahnya masing-masing, terutama dalam menyambut Pilkades serentak di tahun ini,” ungkapnya. (dhiae)

Related posts

Leave a Comment