oleh

Siap Jaga Keamanan Pleno KPU, Polres OKU Timur Terjunkan 160 Personil

OKU TIMUR, MS – Siap melakukan pengamanan proses rapat rekapitulasi, perhitungan perolehan suara Pemilu 2024, tinggkat KPU OKU Timur. Polres OKU Timur terjunkan 160 personel.

Personel yang akan diturunkan tersebut untuk melakukan pengamanan tapat saat pleno KPU OKU Timur yang dimulai 1-3 Maret 2024.

“Tentunya dari Polres OKU timur, terkait pleno hasil pemilu 2024, tingkat KPU telah siap melakukan pengamanan. Kita telah menurunkan 160 personil,” kata Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK, MH usai Rapat Koordinasi di KPU OKU Timur, pada Kamis (29/2/2024).

Dikatakan, untuk 160 personil yang mulai digerakkan lokasi pleno yakni di Hotel Parai, dan juga lokasi akomodasi anggota PPK se-OKU Timur, yakni di Hotel Dewi II Martapura.

“Kami berharap kegiatan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tinggkat KPU berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolres menghimbau agar Bawaslu maupun KPU untuk mengawasi dan menjalankan tugas sesuai dengan peraturan atau SOP.

Selain itu, Kapolres juga menghimbau kepada para kontestan, mulai tim pemenangan Capres, ketua partai, maupun tim caleg, untuk sama-sama menjaga ketertiban.

“Jadi mari kita mengikuti tata tertib aturan UU maupun PKPU, serta mengikuti mekanisme yang ada,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, jika ada keberatan dalam prosesnya, agar tetap mengajukan keberatan sesuai dengan langkah dan mekanisme pelaporan sesuai petunjuk dan aturan yang ada.

“Bahkan jika menemukan penyelenggara yang melanggar tetap bisa melakukan pengaduan dengan DPKP,” terangnya.

Kapolres mengingatkan agar yang masuk ke lokasi pleno adalah perserta yang memiliki akses khusus atau resmi. “Sedangkan masyarakat yang ingin menyaksikan proses pleno bisa melalui live streaming disediakan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah mengatakan rapat pleno tingkat KPU itu dilaksanakan di Hotel Parai, 1-3 Maret 2024.

Dia mengatakan, akan berupaya melakukan semaksimal mungkin proses rapat rekapitulasi perhitungan perolehan suara hasil pemilu 2024, tingkat kabupaten OKU Timur.

“Sejauh ini untuk pelaksanaan kita siapkan semaksimal mungkin. Termasuk melibatkan Polres untuk pengamanan,” ujarnya.

Denis menjelaskan, telah menyampaikan undangan kepada para peserta pemilu. Mulai dari saksi partai, tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden, dan juga saksi calon DPD, DPR hingga DPRD provinsi hingga DPRD kabupaten.

“Semua pihak dalam pemilu kita undang untuk sama-sama mengikuti rapat rekapitulasi perhitungan perolehan suara,” pungkasnya.

Diketahui, pada rapat koordinasi yang dilaksanakan ini juga diikuti oleh Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT, dan juga Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Andriansyah. (Boy)

News Feed