You are here
Sistem Tertutup Lebih Tepat Sasaran DAERAH HEADLINE 

Sistem Tertutup Lebih Tepat Sasaran

LUBUKLINGGAU, MS – Rencana pemerintah untuk menghapus LPG bersubsidi (melon 3 kg) masih butuh pembahasan panjang. Kendati begitu pelaksanaan program elpiji kedepan bakal tepat sasaran dengan sistem tertutup.

“Masih dalam tahap pembahasan dipusat, dan sejauh ini belum ada arahan dari pusat. Namun selama ini program elpiji subsidi dilaksanakan dengan sistem terbuka, kedepan kemungkinan besar akan dilaksanakan dengan sistem tertutup,” jelas Sales Brand Manager Pertamina Depo Lubuklinggau, Akil (28/1/2020).

Lebih jauh Akil menjelaskan sistem subsidi terbuka yang saat ini berjalan yang di subsidi adalah produknya. Dengan sistem seperti ini otomatis orang kaya maupun miskin bisa diakses (dapat).

Sementara bila subsidi tertutup dimaksudkan yang disubsidi adalah orang (penerima manfaat) bukan produk.

Kalau sistem subsidi tertutup diterapkan maka tidak ada lagi istilah subsidi, semua LPG 3 kg non subsidi dengan harga normal.

“Jadi warga miskin yang terdata bisa dapat potongan harga, tapi mekanismenya seperti apa masih dirumuskan oleh tim pemerintah pusat,” tambahnya.

“Pada intinya apa yang dilakukan oleh pemerintah agar Program subsidi tepat sasaran. Seperti usaha mikro yakni jual gorengan boleh pakai LPG 3 Kg subsidi. Usaha boleh pakai subsisi, asalkan usaha Mikro,” katanya.(dhia)

Related posts

Leave a Comment