You are here
Siswa PKBM Donal Antusias Ikut UNBK DAERAH HEADLINE 

Siswa PKBM Donal Antusias Ikut UNBK

MUSI BANYUASIN, MS – Sebanyak delapan ratusan siswa dari berbagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) antusias ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kegiatan UNBK digelar selama Empat hari itu, berjalan dengan lancar dan tertib. Ujian Nasional dilakukan serentak dari PKBM yang berasal dari 14 kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), mulai Jumat tanggal 27 April dan berakhir Senin 30 April 2018. Semangat dari siswa peserta ujian dari PKBM ini, seperti terlihat pada lokasi ujian yang berlansung di SMK Negeri 1 Kota Sekayu, Senin (30/4/2018).

Seperti diungkapkan oleh panitia UNBK yang juga Kasi Pengembangan SDM dan Karakter dari Dinas Dikbud Kabupaten Muba, Indra Parasad ketika dibincangi Metro Sumatera. Ia mengungkapkan kegiatan UNBK dilakukan serentak dari berbagai PKBM yang ada yang berasal dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muba dengan tujuan agar para peserta ujian lebih ringan biaya.

“Kegiatan UNBK dipusatkan di SMK I Sekayu. Intinya para peserta didik bisa ikut ujian. Karena kita tahu untuk kegiatan ujian yang ada semua difasilitasi. Hal ini dilakukan agar lebih mempermudah peserta untuk ikut ujian dan biaya lebih ringan. Kalau diadakan pada PKBM masing-masing belum tentu lengkap fasilitasnya, atau kadang terkendala pada masalah server dan signal. Tetapi kalau disini semua sudah memadai,peserta belajar tinggal datang. Kalau masalah kendala jarak tempuh itu diatur oleh PKBM masing-masing agar bisa mengatur peserta ujian agar bisa datang tepat waktu,” ungkapnya.

Ketua Pengelola PKBM Donal Kecamatan Sanga Desa, Herman SKM Mke didampingi tenaga pengajar sekaligus Pembina PKBM Donal, Iswarita Spd Msi juga mengatakan PKBM Donal yang dibina bertujuan untuk membantu dan mengembangkan SDM masyarakat. Karena itulah peserta didik dari PKBM Donal cukup antusias dan penuh semangat ketika ikuti UNBK yang diadakan di SMK I Sekayu.

“Saat peserta didik ini waktu belajar di PKBM Donal, siswa kita berikan penjelasan bahwa ijazah Paket C yang akan diproleh mereka legalitasnya sama atau setara dengan ijazah SMA sederajat. Ijazah itu diakui dan sah secara hukum. Bisa digunakan juga untuk persyaratan bekerja. Cuma yang tidak bisa itu, untuk ikut mendaftar menjadi Prajurit TNI atau polisi kalau untuk bekerja di perusahaan swasta atau dinas lain, itu bisa digunakan. Dan tentunya juga dengan biaya belajar yang lebih ringan. Serta proses belajarnya juga sama dengan sekolah biasa, walaupun tidak sekolah tiap hari, tapi rutin dalam setiap seminggu mereka belajar selama 3 hari,” katanya.

Ema Komalah Dewi, salah satu siswi peserta Ujian dari PKBM Donal dari Kecamatan Sanga Desa menuturkan bahwa sebagai peserta ujian sangat berterimakasih dan bersyukur masih ada kesempatan bisa belajar pada PKBM Donal.

“Dengan mengikuti UNBK dan nantinya akan memperoleh ijazah paket C, yang setara dengan SMA. Serta legalitas atau keabsahannya sah serta sama dengan sekolah pada umumnya. Yang nantinya ijazah tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan pada pendidikan yang lebih tinggi atau untuk persyaratan bekerja,” ungkapnya.

Senada juga disampaikan oleh Dili Yuniarto Peserta Ujian yang belajar dari PKBM Cahaya yang berasal dari kecamatan Bayung Lencir. Dirinya sangat semangat dan antusias mengikuti belajar dan ujian UNBK karena dirinya sangat senang akan memproleh ijazah. Dan bisa melanjutkan kuliah, sebab selama ini tidak bisa melanjutkan sekolah karena kendala ekonomi.

“Saya ketika sekolah dulu, berhenti sekolah karena orang tua saya tidak mampu. Pada saat itu, kakak saya juga lagi sekolah dan akan ujian. Makanya terpaksa saya mengundurkan diri, saya sekolah di Jawa. Dulu belom ada program sekolah gratis, karena orang tua saya tidak kuat dengan biayanya. Hingga saya terpaksa berhenti dan putus sekolah kala itu. Alhamdulilah sekarang saya bisa ikut ujian dari PKBM ini, siapa tahu nanti saya akan ikut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif ditahun 2019 nanti. Yang jelas ujian ini statusnya jelas dan sah secara hukum,kalau pun duduk dengan posisi apa saja orang akan akui itu,” pungkasnya. (sba)

Related posts

Leave a Comment