oleh

SK Biru Program TORA Kabupaten OKU Timur Terbit, Beppeda dan Perkim gelar Rapat Persiapan Verifikasi

OKUTIMUR, MS – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama Dinas PU Perkim mengadakan rapat persiapan verifikasi lapangan program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) OKU Timur Tahun 2024, bertempat di Ruang Bina Praja II Setda OKU Timur, Selasa (6/2/2024).

Rapat tersebut diikuti secara langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T didampingi Asisten 1 Bidang Tata Pemerintahan Drs. Dwi Supriyanto, M.M.

Kepala Badan Perenca Pembangunan Daerah Marius Markus, S.STP., Kepala Dinas PU Perkim Danan Rahmat, S.E., M.Si., Kepala Dinas PUTR Ir. Aldi Gurlanda, M.T., Kabag Tata Pemerintahan, Perwakilan Kepala BPN OKU Timur, Camat Jayapura dan Kepala Desa Mendah beserta Perangkatnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah OKU Timur Maryus Markus, S.STP mengatakan, Kabupaten OKU Timur mendapatkan anugerah SK Biru Program Tora Program TORA sebanyak 1778 Bidang pada 5 Kecamatan.

Dimana, progaram yang pertama ini kita proses di Kecamatan Jayapura, Kabupaten OKU Timur.

“Tahapan yang kita lalui dalam proses ini antara lain, Identifikasi, Inventarisasi dan saat ini kita berada pada tahap Verifikasi,” katanya.

Untuk di Kecamatan Jayapura ini, kata Maryus, yaitu di Desa Mendah sebanyak 1143 pada 5 Dusun dan 21 RT. Akan tetapi dari BPN baru bisa merealisasikan 500 sertifikat sesuai dengan anggaran yang ada.

“Meskipun baru demikian, allhamdulillah kita tentunya patut bersyukur dan berterimakasih ke semua pihak yang telah berjuang untuk ini,” tuturnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengucapkan rasa terimakasih yang hari ini Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama Dinas PU Perkim dapat melaksanakan rapat pertama program TORA.

Dirinya menjelaskan, sesuai dengan instruksi Presiden. Proses turunnya SK Biru ini bukan hal yang mudah, sebab banyak tantangan yang harus dilewati.

“Maka dari itulah kita harus bersyukur atas anugerah ini,” ucapnya.

Untuk proses pendistribusian tanah tersebut, kata Bupati, diprediksi akan memakan waktu hingga juli mendatang dengan berbagai prosedur yang ada.

“Untuk itu, saya menginginkan, kepada Kepala Desa beserta seluruh perangkatnya seluruh elemen masyarakat jangan sampai ada permasalahan baik teknis maupun non teknis, agar proses Redistribusi Tanah ini nanti bisa berjalan lancar dan mencapai target sebelum bulan Juli,” ujarnya.

Kita sama ketahui, Kabupaten OKU Timur mendapatkan anugerah program TORA dari Bapak Presiden, yang turut diperjuangkan oleh Bapak Gubernur Sumsel Periode 2018-2023 H. Herman Deru dengan memprioritaskan Kabupaten OKU Timur untuk program ini.

“Meskipun yang bisa direalisasikan untuk diterbitkan sertifikat baru 500 bidang. Namun selaku Bupati, saya akan mencoba bersurat kepada Kanwil BPN agar dapat ditambahkan kuota realisasinya,” pungkasnya. (Boy)

News Feed