oleh

Stop Bakar Hutan dan Lahan Sembarangan, Polisi dan BPBD Gelar Apel

PALI, MS – Guna antisipasi membuka lahan dengan membakar hutan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), bekerja sama dengan kepolisian Resort (Resort) Kabupaten Muara Enim, gelar apel pasukan serta mensosialisasi Bencana Kebakaran Hutan. Hal ini dikatakan Kaban BPBD Junaidi Anuar, kamis (18/5).

“Kegiatan ini bekerja sama dengan kepolisian, dan pasukan yang apel, yakni Kepolisian, BPBD, Tagana, Damkar, Serta jajaran satuan perangkat kerja daerah lainnya, apel ini langsung dipimpin oleh Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Muara Enim AKBP Leo didampingi Asisten III Ruswani, ” ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan apel bertempat di lapangan Gelora November, kecamatan Talang Ubi, peserta yang hadir ada dari perusahaan PT Asset 2 Field Pendopo, PT Elnusa, dan PT Surya Bumi Agro Langgeng, serta perusahaan migas yang berdomisili di bumi serepat serasan.

“Kegiatan ini bertemakan stop membakar hutan dan lahan, asap menimbulkan bencana, bukan itu saja disini menampilkan atraksi penangulangan api dari pasukan pemadam kebakaran PT. GBS, ” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Kabupaten Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan, mengatakan bahwa dalam mengantisipasi adanya kebakaran hutan, perlu adanya tim khusus untuk menanggulanginya, oleh karena itu Kepolisian bekerja sama dengan SKPD kabupaten pali, menggelar apel.

“Adapun yang ikut giat apel berjumlah 300 orang, bukan hanya apel saja akan tetapi pasukan siap bekerja optimal dalam mengatasi kebakaran hutan, menurut undang-undangan dilarang membuka lahan dengan membakar hutan, apabila itu terjadi masyarakat akan dikenakan ancaman penjara, dan kena denda dengan membayar uang senilai Rp 5 Milyar, ” tegasnya. (yeng)

News Feed