oleh

Sungai Air Siring Sali Meluap, Rumah Warga Ikut Kebanjiran

PAGAR ALAM, MS – Akibat meluapnya Sungai Air Siring Sali, Kota Pagaralam atau wilayah Kelapa Empat membuat beberapa rumah warga di seputaran kaplingan PGRI yang berbatasan langsung dengan wilayah Kampung Swakarya tersebut ikut kebanjiran Jum’at (21/05/2021) sore sekitar pukul 14.30 Wib.

Pantauan dilapangan hujan deras yang terjadi di Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatra Selatan(Sumsel) sejak Jum’at (21/05/2021) sore sekitar pukul 14.30 Wib.

Akibatnya, beberapa rumah warga diseputaran Kaplingan PGRI yang berbatasan langsung dengan wilayah Kampung Swakarya tersebut ikut kebanjiran. Bahkan, saluran Drinase tersebut yang tidak dapat menampung tingginya debit air sehingga luapan air tersebut masuk kerumah warga dengan cepat disekitar saluran Drinase tersebut ketinggian diperkirakan 1/2 meter.

Dengan kejadian itu, Lurah Pagar Alam,K ecamatan Pagar Alam Utarah, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ari Iranda ditemani RT 19 langsung mengecek dan meninjau lokasi meluapnya saluran drinase siring sali yang tidak dapat menampung tingginya debit air yang meluap,serta mengecek rumah warga yang ikut tergenang banjir.

Lurah Ari Iranda saat dibincangi menjelaskan kepada Metrosumatera bahwa kedepanya dirinya akan berupaya berkoordinasi dengan Camat dan dinas terkait untuk melakukan langkah-langkah mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pagar Alam Yudi saat dikonfirmasi melalui whatsapp Jum’at (21/05/2021) mengatakan, dirinya sudah survei ke lokasi terjadinya luapan air tersebut. “Akibat adanya saluran yang masih tanah, itu Jebol. Dan derasnya debit air yang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup deras,” ungkapnya.

Menurut dia, semestinya air itu lurus saja tidak berbelok-belok akibatnya debit air di wilayah Perumnas Gupi ikut meluap. “Rencana kami akan tanggap darurat dulu kedepan kita usahakan dianggarkan pada APBD Perubahan,” ucapnya. (Len).

News Feed