oleh

Tahap I Cair, Desa Talang Batu Cairkan Dana

PRABUMULIH, MS – Desa Talang Batu, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kota Prabumulih akhirnya mencairkan dana desa tahap I. Dimana, sebelmunya sempat terganjal akibat belum diserahkannya laporan pertanggungjawaban kepala desa (kades) tahun 2015. Jumlah dana yang diterima Desa Talang Batu sebesar Rp 494.955.000 dari total Rp 824.925.000 atau sekitar 60 persen.

Dana desa tahap I tersebut seharusnya sudah bisa dicairkan pada bulan April lalu, dengan catatan desa yang bersangkutan telah menyelesaikan sejumlah persyaratan salah satunya laporan penetapan APBDes tahun 2016.

Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH mengatakan, dana Desa Talang Batu sudah dicairkan. Namun, dirinya meminta pertanggungjawaban kepala kades untuk menyerahkan laporan tepat waktu.
“Saya minta laporan pertanggungjawaban jangan molor lagi,” tegasnya, Selasa (13/9).

Dikatakan dia, dana desa yang berasal dari dana APBN ini dapat dialokasikan seutuhnya untuk percepatan pembangunan di desa. Selain itu, pemerintah desa juga harus transparansi dalam penggunaan dana desa yang diperuntukkan kemajuan desa tersebut.

“Masyarakat berhak mengawasi untuk pencegahan yang tidak diinginkan. Setelah program tersebut dilaksanakan kades juga berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan dana yang digunakan agar tahun depan dapat disalurkan kembali secara tepat waktu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan kepada masyarakat apabila terdapat sesuatu hal yang tidak beres dalam penggunaan dana desa, dapat langsung menyampaikan kepada kades yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gesekkan antara warga dan kades tersebut.

“Kalau ada kesalahan sampaikan langsung kepada kades. Jangan mengirim surat kaleng, karena dapat menimbulkan konflik. Silakan sampaikan langsung dan berikan solusi. Jangan hanya bisa mengkritik namun tidak memberikan solusi,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPMPKD Kota Prabumulih, Aris Priadi menjelaskan jika pencairan dana desa tahap I tersebut diberikan lantaran Kades Talang Batu telah menyerahkan laporan pertanggungjawaban tahun 2015.
“Sudah diserahkan. Mereka juga sudah melengkapi persyaratan pencairan dana desa tahap I. Makanya kita serahkan dana desanya hari ini,” pungkasnya. (nor)

News Feed