oleh

Tak Ada Lapak, Pedagang Harus Ngemper

PALI, MS – Kondisi pasar kalangan di Desa Sungai baung kecamatan talang ubi, Butuh perhatian dari pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), sebab masih ada sebagian dari pedagang yang belum menempati tempat yang layak, Atap pasar kalangan itu pun masih ada sebagian yang menggunakan atap terpal.

Dari pantauan awak media, ada sebagian los pasar dipenuhi kayu bakar dan ada yang kosong tidak ditempati, sebab sebagian pedagang masih berjualan di emperan, melihat kondisi pasarpun sungguh memprihatinkan.

Sutina Pedagang Cabe mengatakan sudah lama berjualan di pasar ini, untuk sewa lapak diemperan setiap hari dipungut biaya Rp 2 ribu, sedangkan kalau didalam los harus membayar Rp 60 ribu pertahun.

“Menurut aturan pemerintahan desa, pedagang sayur-sayuran dan pedagang ikan harus diluar pasar kalangan, sedangkan pedagang baju didalam los pasar, apabila hujan kondisi pasar ini becek, ” ucapnya.

Hal senada Siti Pedagang Ikan, mengungkapkan bahwa kondisi pasar ini sudah lama memprihatinkan, dan atapnya masih menggunakan terpal, apabila musim hujan kondisi pasar ini becek dan apabila ada tiupan angin deras atap terbuat dari terpal akan ikut melayang.

“Kami berharap kepada pemerintahan desa, agar bisa merehab pasar tersebut, apabila kondisi pasar ini diperbaiki, pedagangpun dan pembelipun merasa nyaman, serta kalau bisa los pasar disusun sesuai dengan jualannya, ” harapnya.

Saat ditemui dikediamannya Kepala Desa Samsudin melalui Istri mengatakan bahwa bapak lagi tidak ada ditempat, ada acara di kantor kecamatan, hingga berita ini diturunkan belum bisa dimintai keterangan selanjutnya. (Tim)

News Feed