oleh

Tak Mampu Berobat, Ibu Nyata Hanya Bisa Pasrah

PAGARALAM, MS – Disaat Pemerintah Kota Pagaralam menangani Covid 19 dengan menggunakan anggaran yang begitu besar, namun sangat disayangkan pemerintah hanya focus dengan penanganan kasus Covid-19, tapi masih banyak penyakit lain yang butuh penanganan.

Seperti yang dialami Nyata (30) warga Dusun Talang Sawah Kelurahan Padang Temu Kecamatan Dempo Tenggah Sumsel yang di temukan dalam keadaan sakit dan tidak mampu berobat ke Dokter karena tidak mempunyai biaya untuk berobat.

Ibu muda ini mengalami penyakit komplikasi yaitu Jantung dan Paru-paru. Akibat penyakit ini dirinya tidak bisa melakukan kegiatan apapun selain hanya berada ditempat tidur.

Suaminya Dodi Haryono (32) mengatakan kepada awak media bahwa istrinya sudah sakit sejak 7 bulan lalu usai melahirkan anak ketiganya yang usia sekarang baru 7 bulan. “Kondisi istri saya drop sekitar satu bulan terakhir ini. Istri saya ini mulai mengalami sakit-sakitan setelah melahirkan anak ketiga kami sejak tujuh bulan lalu. Namun dua bulan terakhir ini istri saya sudah tidak bisa apa-apa lagi,” ujarnya.

Di tambahkan Dody, kondisi ekonomi yang tidak mampu membuat kebutuhan sehari-hari keluarga ini sangat kesulitan. “Saya tidak bisa mencari nafkah karena harus menjaga istri dan tiga anak saya. Sebab saya harus merawat istri dan anak-anak saya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Promkes (Promosi Kesehatan) Dr Susi Osdar ketika di konfirmasi awak media mengatakan sangat tersentuh dengan apa yang dialami oleh ibu tersebut. “Kalau masalah kedinasan itu ada atasan saya, karena ini bukan jam kerja lagi. Tapi kalau secara kemasyarakatan saya tersentuh dengan hal ini bukankah yang mempunyai wilayah itu puskesmas semestinya yang menangani hal ini,” ungkapnya.

Disisi lain Camat Dempo Tengah, Hafiz Ramadhan mengatakan, pihak pemerintah melalui kecamatan telah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas untuk melakukan pengecekan kesehatan warganya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga kami yang sedang sakit tersebut,” ungkap nya.

Minimnya perekonomian untuk kebutuhan sehari-hari keluarga ini mendapat bantuan dari warga sekitar dan pihak keluarganya. (len)

News Feed