You are here
Tangerang Selatan Tuan Rumah Munas IKWI ke-58 HEADLINE NASIONAL 

Tangerang Selatan Tuan Rumah Munas IKWI ke-58

BANTEN, MS – Panitia Pelaksana (Panpel) Senin (26/8/2019) di Intermark Building, menuntaskan persiapan Musyawarah Nasional (Munas) dan Ulang tahun (Ultah) Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ke-58 yang akan berlangsung 27-29 Agustus 2019 di Swiss-Belhotel Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

Dalam munas tersebut akan menghadirkan tiga tokoh diantaranya Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi sekaligus sebagai pembicara. Selain itu motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana juga akan memberikan tips bagaimana membangun jejaring untuk meningkatkan kehidupan. Munas dan ultah IKWI ini juga diagendakan akan dihadiri oleh Ketua Umum PWI Atal S Depari. Para pengurus IKWI se tanah air akan hadir dan berkumpul.

Sebagaimana diketahui IKWI merupakan organisasi sayap PWI yang beranggotakan wartawan anggota PWI dan istri – istri wartawan anggota PWI. IKWI diharapkan mampu menjadi organisasi yang mampu melengkapi dan menyempurnakan program-program PWI. IKWI memiliki visi ; Terbangunnya hubungan kekeluargaan dan kesetiakawanan keluarga Pers Indonesia dengan dilandasi seamgat nilai-nilai Pancasla dan UUD 45. Sedangkan misinya adalah; Membina kemampuan dan keterampilan anggota sebagai warga Negara dan ibu bangsa yang mampu menjadi teladan masyarakat. Menjalin hubungan dan kebersamaan dengan instansi pemerintah dan non pemerintah serta organisasi wanita lainnya. Membina kesejahteraan lahir dan batin keluarga IKWI untuk ikut menunjang jajaran Pers dalam melaksanakan misinya. Dan turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan Hari Pers Nasional.

IKWI sebagai organisasi sosial pada mulanya d ibentuk di daerah-daerah dengan tujuan mempererat kekeluargaan dan persatuan untuk mengusahakan perbaikan nasib dan kesejahteraan keluarga wartawan dengan meningkatkan pengetahuan dan pendidikan.

Daerah yang pertama kali mendirikan organisasi adalah Semarang pada 23 Maret 1958 dengan nama Ikatan Isteri Wartawan. Pada tanggal 23 Juni berdiri di Jakarta dengan nama Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Selanjutnya berturut – turut berdiri IKEI di Yogyakarta pada tanggal 26 Desember 1960, di Solo 10 Mei 1960, Medan 11 Juni 1960, Makasar 10 Mei 1961, Surabaya 27 Juni 1961, Bandung 27 Juni 1961 dan di Banjarmasin 10 Juni 1961.

Kemudian atas prakarsa IKWI Jakarta diadakan pertemuan besar IKWI seluruh Indonesia pada tanggal 18 sampai dengan 20 Juli 1961 yang dihadiri oleh kesembilan daerah IKWI tersebut. Lalu 19 Juli dibentuk Pengurus Pusat IKWI serta menyusun Anggaran Dasar. Selamat bermunas! (Rel)

Related posts

Leave a Comment