You are here
Terima Laporan Sawah Kekeringan Via FB, Bupati Turun dan Bantu Pompa BENGKULU HEADLINE 

Terima Laporan Sawah Kekeringan Via FB, Bupati Turun dan Bantu Pompa

BK 4

BENGKULU SELATAN, MS – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi meninjau embung dan sawah kekeringan di Desa Tanjung Aur Kecamatan Pino, Kamis (8/8/2019).

Hal tersebut dilakukan Bupati menanggapi laporan warga yang diterima Bupati melalui media sosial, facebook (FB). Yang mana, selama ini Bupati memang aktif di sosial media, sebagai sarana komunikasi dan mendengar keluhan warga.

Selain meninjau lokasi persawahan di Hamparan Betitik, Tanjung Lalang dan Air Dingin, Bupati juga menyempatkan diri meninjau akses jalan dan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tanjung Eran dan Desa Tanjung Menang Kecamatan Seginim.

“Besok, saya minta Dinas Pertanian untuk membantu mesin air untuk petani di sini. Untuk jalan dan jembatan gantung, kepada Bina Marga PU agar memasukkan dalam data. Nanti kita lihat anggaran dan sesuaikan dengan skala prioritas,” jelas Gusnan.

Edi Siswanto, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Bengkulu Selatan memastikan, besok (9/8/2019), pompa air sudah bisa diambil di Dinas Pertanian. “Insya Allah dua unit pompa air kita siapkan,” tegas Edi Siswanto.

Kabid SDA dan Perairan Dinas PUPR, Teddy Setiawan menyampaikan secara teknis memang kesulitan untuk membenahi sistem irigasi dan embung. Karena tidak ada sumber air yang besar dan memadai untuk ditampung.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Eran, Rudi Hartono menyampaikan bahwa kondisi ini memang sudah biasa terjadi di Desa Tanjung Eran. Meski sudah ada tiga embung yang sudah dibangun, namun belum mampu mengatasi permasalahan kekurangan air ketika musim panas.

“Dua minggu tidak hujan, air sudah susah, sawah kekeringan. Kalau hujan kebanjran. Lihatlah ini, petani kita nyedot air. Untung ada sumber air yang bisa disedot,” jelas Rudi Hartono.

Untuk luas area persawahan di Hamparan Tanjung Lalang, Betitik dan Air Dingin mencapai 150 Hektar.

“Itu yang masuk wilayah Tanjung Eran, belum termasuk wilayah desa lain, seperti Padang Tambak,” imbuhnya.

Turut mendampingi Bupati, Camat Pino . Surahman, Sekretaris Dinas Pertanian Haroni, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian, Kabid SDA Dinas PUPR, Kepala Desa Tanjung Eran, PPL dan warga. (bajul/red)

Related posts

Leave a Comment