oleh

Tiga Gedung BPS OKU Timur, OKU Selatan dan Prabumulih Diresmikan, Ini Pesan Wabup Yudha!

OKUTIMUR, MS – Wakil Bupati OKU Timur H.M Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. menghadiri Peresmian Gedung Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU Timur, BPS Kabupaten OKU Selatan dan BPS Kota Prabumulih yang dipusatkan di Kantor BPS OKU Timur Martapura.

Peresmian Gedung Kantor BPS ini dilakukan oleh Sekretaris Utama BPS Republik Indonesia Ir. Atqo Mardiyanto, M.Si yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Wakil Bupati OKU Timur H.M Adi Nugraha Purna Yudha, S.H dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Sekretaris Utama BPS RI beserta rombongan di Bumi Sebiduk Sehaluan.

“OKU Timur ini masyarakatnya campur aduk, bisa dikatakan miniatur dan identitas budaya masing-masing tidak pernah ada konflik, terima kasih telah berkunjung ke Bumi Sebiduk Sehaluan,” ucap Wabup.

Wabup Yudha mengaku kolaborasi antara Pemkab OKU Timur dan BPS sudah sangat baik. Hal tersebut telah dibuktikan melalui beberapa agenda yang diluncurkan oleh BPS seperti Desa Cantik dan Sensus Pertanian.

“Alhamdulillah Desa Cantik masuk nominasi nasional,” tuturnya.

Dengan hadirnya gedung kantor baru, Wabup berharap dapat menjadi titik kebangkitan untuk bekerja lebih baik lagi.

“Semoga dengan kantor yang baru ini, menjadi titik kebangkitan untuk lebih baik lagi,” ucpany.

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Sumatra Selatan Moh. Wahyu Yulianto, S.Si., S.ST dalam laporannya menuturkan bahwa gedung kantor BPS Kabupaten OKU Timur dibangun pada tahun 2023 di atas tanah seluas 5000 M² dengan luas bangunan 700 M² dengan anggaran 2,5 Miliar. Pengerjaan pembangunan selama 150 hari kalender.

Sedangkan gedung kantor BPS OKU Selatan dibangun pada tahun 2023 dengan anggaran 2,6 Miliar dengan pengerjaan pembangunan selama 170 hari kalender.

Untuk gedung kantor BPS Kota Prabumulih dibangun pada tahun 2022 dengan anggaran 1,8 Miliar dengan pengerjaan pembangunan selama 120 hari kalender.

“Alhamdulillah ke tiga gedung ini rampung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dari sisi administrasi sangat akuntabel dan tidak ada temuan apapun. Ini berkat kerjasama BPS Kabupaten/Kota dan Provinsi serta pendampingan dari BPS RI,” tegasnya.

Ia menyadari bahwa gedung ini sangat penting dalam meningkatkan kinerja dan pelaksanaan tugas BPS khususnya dalam memberikan pelayanan statistik kepada masyarakat.

“Kami berharap gedung baru ini dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh jajaran BPS untuk meningkatkan kualitas pelayanan statistik dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan data statistik yang berkualitas dan terpercaya,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BPS Republik Indonesia Ir. Atqo Mardiyanto mengucapkan selamat atas diresmikannya Gedung Kantor BPS Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan dan Kota Prabumulih.

Dengan diresmikannya kantor ini ia berharap BPS mampu mampu menyediakan masukan insight untuk pemda, bukan hanya memberikan data.

“Harus ada insight untuk pemerintah agar data itu lebih bermanfaat, hingga akhirnya BPS mampu menjadi decision support di Pemda yang ada di Indonesia terutama di OKI Timur, OKU Selatan dan Prabumulih” imbuhnya. (Boy)

News Feed