You are here
Tilep Rp46 Juta, Kades Biaro Baru Ditahan HEADLINE KRIMINAL 

Tilep Rp46 Juta, Kades Biaro Baru Ditahan

LUBUKLINGGAU, MS – Syahrul Jahusi, Kepala Desa (Kades) Biaro Baru Kecamatan Karangdapo Kabupaten Muratara, ditahan di Lapas Klas IIa Lubuklinggau atas kasus penggelapan dana senilai Rp46 juta milik para plasma sawit milik KUD Biaro Bangkit Bersatu.

Penahanan terhadap Jahusi ini dilakukan, usai dilimpahkan ke Kejari Lubuklinggau, sekira pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB, Jumat (27/9). Jahusi datang dengan tangan terborgol diiringi penyidik Satreskrim Polres Musirawas. Bahkan beberapa kerabat kades ini ikut hadir termasuk pengacaranya Dodi.

Kajari Lubuklinggau Hj Zairida melalui Kasi Pidana Umum Faiq Fiqri Sofa menjelaskan ulah oknum kades ini dikenakan Pasal 372 KUHP dengan ancaman penjara 4 tahun dan Pasal 374 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun.

“Jahusi resmi ditahan, pelimpahan tahap kedua di Lapas Klas II Lubuklinggau. Pelaku memanfaatkan jabatannya untuk menguasai uang tersebut,” jelasnya.

Penahanan Jahusi ini, sejak adanya laporan oleh Husein 27 Oktober 2018 ke Polres Musirawas. Yakni, dana Rp46 juta hasil urunan petani plasma dibawah naungan KUD Biaro Bangkit Bersatu, dana tersebut tidak direalisasi dengan kegiatan syukuran sebagai bentuk syukur telah mendapatkan lahan plasma yang rencananya dibarengi kegiatan Isra Miraj pada 14 April 2018.

Dana talangan plasma ditarik Rp100 ribu perhektar sebanyak 463 Ha. Dipungut dana ini untuk beli kerbau syukuran Isra Miraj pada 14 April 2018 bahwa dapatnya paket plasma dari PT PPA kurang lebih 200 warga. (dhia)

Related posts

Leave a Comment