You are here
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, PPK, Panwas dan Perusahaan Akan Gelar Door Prize HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, PPK, Panwas dan Perusahaan Akan Gelar Door Prize

MUSI BANYUASIN, MS – Guna mendongkrak partisipasi dan angka kehadiran pemilih pada Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, pihak perusahaan PT WPG akan gelar Door Prize saat pesta demokrasi berlansung.

Hal itu diungkapkan oleh Management PT WPG ketika PPK dan Panwascam Sanga Desa lakukan sosialisasi tahapan Pilkada bertempat didepan kantor Induk PT Wana Potensi Guna (PT WPG) Desa Penggage dan Tanjung Raya, Jumat (20/4/2018).

Ketua PPK Sanga Desa, Rusmin Nuryadin SH MH mengatakan bahwa sosialisasi itu dilakukan sesuai dengan tahapan Pilkada di Sumatera Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pastisipasi para pemilih saat Pemilu berlangsung.

“Untuk acara door Prize ini kita lakukan agar bisa meminilisir angka Golput. Dan acara sosialisasi ini adalah tahapan pemilu dan petunjuk dari KPUD Muba guna meningkatkan sinergitas antara pihak perusahaan dengan para penyelenggara Pemilu dalam ikut mensukseskan Pemilu. Dengan harapan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Dengan harapan para pemilih memahami arti pentingnya makna dari suara yang akan mereka gunakan,” pungkasnya.

Sementara menagggapi hal itu, Ketua Panwascam, Sulaiman.Sip didampingi Divisi Hukum dan penindakan, Yuskenedi menambahkan, Panwascam akan terus berkoordinasi dengan PPK guna lakukan acara sosialisasi tahapan pilkada pada perusahaan atau tempat-tempat lain sesuai aturan dan perundang-undangan.

“Kami dari Panwas bersama PPK akan terus lakukan sosialisasi tahapan Pilkada pada tempat-tempat yang diduga angka partisipasi pemilihnya yang rendah. Tentunya kegiatan akan dilakukan dengan pengawasan yang cukup teliti dari Panwascam sesuai tugas dan tahapan. Dan diharapkan sosialisasi ini bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih yang akan datang ke TPS pada saat Pilkada berlansung nanti,” katanya.

Manager Estate PT WPG, Ali Usman didampingi Humas, Firhot Manurung menjelaskan upaya yang dilakukan pihak perusahaan bertujuan guna meningkatkan angka kehadiran para pemilih yang juga para karyawan dilingkungan perusahaan yang dipimpinnya.

Acara door prize dan sinergitas perusahaan direncanakan akan dilaksanakan bagi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang pemilihnya datang dan menggunakan hak pilihnya. Dengan angka kehadiran pemilih tercapai minimal sebanyak 85 persen dari jumlah DPT pada TPS yang berada di lingkungan perusahaan perkebunan itu.

“Kami dari pihak perusahaan telah membantu untuk meningkatkan angka pastisipasi kehadiran pemilih pada saat pemilukada berlansung. Sebab ada dua TPS yang berada di dalam perusahaan, yaitu berada pada camp 17 dan Camp 36 yang masuk dalam TPS Desa Pengggage kecamatan Sanga Desa. Nanti akan diadakan Door Prize saat hari Pencoblosan berlansung,demi tingkatkan angka Partisipasi dan kehadiran pemilih di TPS, seperti saran Pak Camat dan PPK,” jelasnya.

Senada juga dikatakan oleh karyawan yang juga Staf HRD PT WPG, Yuliana Siregar saat berbincang dengan Wartawan Metro Sumatera disela acara berjalan menuturkan pihaknya telah membantu dengan menyuruh para karyawan mengurus KTP dan KK bagi mereka (karyawan-red) yang telah pindah ke Kabupaten Muba khususnya dalam kecamatan Sanga Desa. “Ini juga bukan hanya untuk pilkada saja namun untuk hal lain. Seperti bila diperlukan untuk dokumen dan keperluan anak-anak para karyawan yang telah sekolah dan pindah kesini,” ungkapnya.

Camat Sanga Desa, H Irwan Sazili Ssos Msi mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sesuai dengan Tahapan Pemilu yang ada untuk meningkatkan angka kehadiran Pemilih di TPS pada masing-masing desa.

“Ini dilakukan guna meningkatkan kinerja dan koordinasi Para penyelenggara bersama pihak perusahaan. Karena menurut para penyelenggara pada pemilu sebelumnya angka kehadiran dan partisipasi hanya mencapai 5 Persen dari Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada pada setiap TPS di PT WPG. Kami berterima kasih pada PT WPG yang punya rencana akan mengadakan Door Prize guna meningkat angka kehadiran pemilih di TPS, saat pesta demokrasi berlansung nanti,” tegasnya. (SBA)

Related posts

Leave a Comment