You are here
Tingkatkan SDM, Desa Pajar Bulan Gelar Pelatihan BENGKULU HEADLINE 

Tingkatkan SDM, Desa Pajar Bulan Gelar Pelatihan

AB 2

BENGKULU SELATAN, MS – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Desa (Pemdes) Pajar Bulan menggelar pelatihan khusus kepada kelompok tani. Kegiatan itu sendiri dipusatkan di balai desa, Kamis (19/9/2018).

AB 1Kepala Desa (Kades) Pajar Bulan Dausriwan Hadi dalam kata sambutanya mengatakan program pemberdayaan ini meningkatkan kemampuan Gapoktan Desa Pajar Bulan.

“Gapoktan yang berdiri pada tahun 2008 dan dikukuhkan pada tahun 2011 ini, diberi nama Gapoktan Bersaudara gabungan dari 8 kelompok tani yang ada di Desa Pajar Bulan,” jelasnya.

Melalui program pelatihan ini, ia menginginkan Gapoktan Bersaudara semakin maju, baik itu dibidang Manajemen maupun dibidang Administrsi serta bisa dipertanggung jawabkan. “Mudah-mudahan kegiatan ini sangat bermanfaat,” harapnya.

Ia juga mengharapkan dana bantuan, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang telah dikucurkan kepada Gapoktan Bersaudara bisa semakin dikembangkan. Pengelolaan dibidang Pengadaan Sarana Produksi (SAPRODI) saat ini, yang sedang berjalan sangatlah membanggakan. Karena dana yang dikucurkan pada tahun 2010 sampai dengan 2012 oleh pemerintah pusat di 22 desa yang ada di kecamatan Seginim, untuk Desa Pajar Bulan dana bantuan tersebut masih tetap berjalan.

AB 4“Salah satu tujuan akhir dari dana bantuan adalah meningkat sumber daya manusia, sehingga dengan pengelolaan dana yang baik dan benar dapat meningkatkan tarap ekonomi keluarga,” pungkasnya.

Ditambahkanya seluruh pengurus dan anggota Gapoktan Bersaudara dalam pelatihan ini benar – benar memperhatikan materi yang disampaikan oleh nara sumber.

“Saya berharap kita bisa menjadi sample dalam program ini, dengan cara kita mampu mengembangkan usaha – usaha yang lain. Dari dana yang telah kita kelolah selama ini,” tutup kades.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Kecamatan Seginim Marda Lena S.Pd. M.Si, nara sumber dari Dinas Pertanian Surarni Sp.Mi, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kec Seginim Ezran Pahlevi Amd. (bajul/adv)

Related posts

Leave a Comment