You are here
TPK Muara Pulutan Rampungkan Saluran Drainase BENGKULU HEADLINE 

TPK Muara Pulutan Rampungkan Saluran Drainase

BENGKULU SELATAN – MS Guna memenuhi target pembangunan fisik sesuai perencanaan semula, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Muara Pulutan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, merampungkan pembuatan saluran drainase sepanjang 27 meter.

Ketua TPK Salihin menjelaskan, pengerjaan saluran drainase ini adalah kelanjutan kegiatan fisik Dana Desa (DD) tahun 2018 yang belum sempat dirampungkan sesuai jadwal karena berbagai kendala, salah satunya terhambat pembebasan lahan yang berdampak pemindahan sebagian lokasi pembangunan.

Sehingga hasil verifikasi tenaga ahli infrastruktur di penghujung 2018 menyebutkan, terdapat kekurangan volume pekerjaan.

Kalau dikonversi dalam rupiah, total kekurangan senilai Rp5 juta. “Karena sudah akhir tahun, pekerjaan dihentikan sambil menunggu petunjuk lebih lanjut,” ujarnya saat ditemui sabtu (23/2/2019) malam.

Melalui rapat terbuka antara pemerintah desa dan masyarakat setempat, dihadiri 67 orang, Selasa (12/2) malam, disepakati kekurangan volume segera dikerjakan kembali hingga tuntas di lokasi alternatif.

“Berdasarkan hasil kesepakatan rapat itulah ketua (TPK) pekerjaan ini dilaksanakan”, di perkirakan seluruh pengerjaan akan rampung beberapa hari kedepan. Dan akan segera diserahterimakan,” ujarnya.

Pengerjaan lanjutan ini, papar Salihin, terbagi di dua lokasi, yakni rehab berat di komplek pemukiman sepanjang 23 meter, dan pembuatan saluran baru (pembuangan akhir) sepanjang 4 meter.

Ketua TPK Desa Muara Pulutan, Salihin, menunjukkan hasil pengerjaan drainase tambahan di jalur pembuangan,
Selain itu, TPK juga sudah memasang tujuh titik lampu penerangan jalan desa yang sebelumnya tidak dipasangkan karena rumah tempat penitipan lampu tersebut belum memiliki aliran listrik PLN. “Pemasangan susulan ini juga dilakukan berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah waktu itu (Selasa malam-red). Jadi sekarang total terpasang 302 titik,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Muara Pulutan, Gunlisdi membenarkan dua jenis kegiatan DD 2018 sebelumnya dinyatakan kekurangan volume tersebut sudah dikerjakan.
“Mudah-mudahan TPK dapat segera merampungkannya,” harapnya. (Bajul)

Related posts

Leave a Comment