You are here
Turun Naik Harga Jual Karet, Petani Pali Minta Solusi Dari Pemerintah DAERAH 

Turun Naik Harga Jual Karet, Petani Pali Minta Solusi Dari Pemerintah

PALI, MS – Kenaikan harga sembako yang kian meroket, mengakibatkan masyarakat di Bumi Serepat Serasan mengeluh, apalagi buruh tani, terutama petani karet, sebab di musim yang kemarau, hasil yang didapat tidak sesuai dengan pendapatannya.

Yusri Qolbi SKom Tokoh Pemuda Pali, sangat prihatin dengan kondisi ekonomi masyarakat, khususnya petani karet, dengan pendapatan yang ada tidak bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, apalagi dengan kenaikan harga sembako, petani pun semakin menjerit.

“Biasa petani mendapatkan hasil karet perminggu sekitar 2 ton sekarang menjadi 500 kilogram, dan paling mahal di jual yang cukup murah, dengan musim kemarau juga petani agak kwalahan untuk menghasilkan produksi yang banyak, ” ucapnya, Sabtu (16/9/2017).

Bukan hanya karet saja yang harus dipeduli oleh pemerintah, akan tetapi bagaimana datang musim yang tak tentu, apalagi masyarakat pedesaan sangatlah sulit memperoleh air bersih, untuk di konsumsi, dan hendaknya dinas terkait tanggap permasalahan ini.

“Saya berharap kepada bupati pali, bisa membantu mencari solusi untuk menyelesaikan perekonomian rakyat, jangan sampai perekonomian rakyat semakin tahun semakin anjlok, dan mendorong dinas terkait, agar bisa bekerja dengan baik sesuai forsinya, ” harapnya.

Sementara itu Muntis (40) warga desa sukamanis mengeluhkan harga karet yang naik dan turunnya harga jual, apalagi musim panennya tidak sesuai dengan diharapkan, untuk dibandingkan kebutuhan sehari-hari tidak sebanding, kalau pendapatan normal, biasanya mendapatkan 50 %.

“Panen menurun diakibatkan musim kemarau yang cukup panjang, dan biasanya perminggunya sekarang Rp 125 ribu, kalau dibandingkan harga stabil permingguannya mendapatkan Rp 250 ribu, kami ini pak punya anak 2, sedangkan kebutuhan keluarga cukup besar, belum lagi kebutuhan anak sekolah, ” tuturnya.

Dia meminta kepada pemerintah khususnya bupati Pali, agar bisa memperhatikan perekonomian rakyat yang turun-naik. “Saya yakin Pak Heri Amalindo (Bupati Pali, red) bisa memberikan solusi yang terbaik untuk rakyat, apalagi dio sudah janji nak mikirke rakyat kecik ini. (yeng)

Related posts

Leave a Comment