You are here
Ubaidillah: Dengan Kesadaran Jadilah Jumantik DAERAH HEADLINE 

Ubaidillah: Dengan Kesadaran Jadilah Jumantik

LAHAT, MS – Musim hujan telah tiba peluang besar bagi nyamuk untuk berkembang biak, untuk menangulagi perkembangan nyamuk Dinas Kesehatan kabupaten Lahat jalankan program Jumantik (juru pemantau jentik).

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Lahat dr Rasyidi Amri MT M Km melalui Kepala Bidang P2P (Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit) H Ubaidillah SKM M Kes menyampaikan, program Jumantik (juru pemantau jentik) ini sudah berjalan satu tahun belakangan. Untuk tahun ini disosialisasikan kembali yang mana setiap rumah ada satu orang jumantik, jadi paling tidak dalam satu rumah ada penanggung jawab yang mengawasi jentik.

“Program seperti ini akan lebih maksimal apabila ada peran serta dan kesadaran masyarakat melalui kader-kader kesehatan yang ada di desa-desa dengan adanya satu jumantik (juru pemantau jentik) di setiap rumah,” tuturnya.

Masih jelas Ubaidillah, adapun tugas dari jumantik sendiri cukup melaksanakan 3 M yaitu mengubur benda yang tidak berguna dan dapat menampung air, menutup penampungn air dan menguras bak mandi, yang selanjutnya apabila terdapat jentik yang ada di rumah dapat langsung di laporkan kepada koordinator kader kesehatan ( dalam hal ini kader posyandu) yang kader posyandu dapat melaporkan ke puskesmas setempat sehingga dapat di lakukan penanggulangan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, dengan adanya kesadaran dari diri kita sendiri untuk dapat menjadi Jumatik di rumah dan lingkungan. Dengan adanya jumantik perkembangan nyamuk malaria dan demam berdarah dapat dikendalikan,” pintanya. (nur)

Related posts

Leave a Comment