oleh

UBL Perluas Kerjasama Internasional Dengan Universitas Kitakyushu, Jepang

BANDAR LAMPUNG, MS – Universitas Bandar Lampung (UBL) terus memperluas kerjasama antar institusi perguruan tinggi secara internasional. Salah satunya dengan Universitas Kitakyushu, Jepang.

Terlaksananya MoU dengan universitas tersebut, setelah UBL melalui Program Studi (Prodi) Arsitektur, Fakultas Teknik (FT) dan Universitas Kitakyushu, Jepang sukses secara rutin melaksanakan program kerja sama ini dengan mengadakan program pertukaran mahasiswa, pemberian beasiswa dosen utk studi lanjut S3 dan beberapa kegiatan akademik lainnya.

Kali ini, UBL memperluas kerja sama ini dengan merealisasikan persetujuan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Universitas Kitakyushu dan tiga fakultas di kampus UBL yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT) dan English Department (ED). Prosesi penandatanganan MoU itu berlangsung di Kampus Kitakyushu, Jepang, Jumat, 17 Februari 2017 lalu. Ditindaklanjuti dengan penandatanganan oleh pihak UBL oleh masing masing dekan fakultas diruang kerja rektor, Kampus A Drs H RM Barusman, Jumat (14/7/2017) lalu.

“Pihak mereka (Universitas Kitakyushu) mengaku sangat terkesan dengan MoU bersama Program Studi Arsitektur sebelumnya. Mereka ingin kerjasama ini juga diperluas dengan aspek kajian dan diferensiasi pendalaman disiplin ilmu lainnya,” ungkap Dekan FT UBL, Dr Eng Fritz Akhmad Nuzir ST MA.

Dalam penandatanganan MoU ini, UBL menyertakan Rektor Dr Ir M Yusuf S Barusman, MBA, beserta Dekan Fisip Dr Drs H Yadi Lustiadi MSi, Dekan FT Dr Eng Fritz Akhmad Nuzir ST MA, dan Dekan ED Susanto Saman SS M Hum MA PhD. Dihadiri saksi dari Ketua Yayasan Administrasi Lampung (YAL) Dr Andala Rama Putra Barusman SE MAEc, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Ir Hery Riyanto MT dan Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Drs Harpain MAT MM.

Sedangkan, dari pihak Universitas Kitakyushu, MoU ditandatangani oleh Dekan Department of Life And Environment Engineering Faculty of Environmental Engineering, Prof Toru Matsumoto. Salah satu delegasi UBL, Dekan FT UBL membenarkan penandatanganan MoU itu memiliki konten kesepakatan, yang memiliki aspek dan dampak besar bagi UBL terutama dalam pengimplementasian tri darma perguruan tinggi, yakni pendidikan-pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kerjasama ini masih dalam nota kesepahaman sebelumnya. Kali ini tidak hanya mengeksplorasi (pengembangan) wilayah. Tapi, diperkembangluaskan dalam kajian manajemen, sosial dan pendidikan,” ucap Fritz, Senin (17/7/2017).

Terkait efeknya untuk UBL, Manager International Relations Office, Bery Salatar, menambahkan dengan adanya kerjasama MoU dengan Universitas Kitakyushu, Jepang menandakan bahwa kampus berjargon ‘Solution For Present and Future’ ini memiliki eksistensi dari tingkat prodi hingga fakultas, yang terus meningkat menuju level internasional. “Kerjasama ini meliputi program pertukaran dan studi lanjut dari tingkat dosen dan mahasiswa, kolaborasi penelitian dan publikasi bersama hasil penelitian dan akademik,” ucapnya.

Bery pun menyampaikan pesan Rektor UBL yang sangat mengapresiasi terealisasinya kerjasama berkelanjutan dengan Universitas Kitakyushu, Jepang. Baginya, hal ini dapat meningkatkan kiprah UBL ditingkat internasional. “Kesepakatan dengan Universitas Kitakyushu menjadi salah satu keberhasilan, pengembangan dan pengakuan kualitas kampus kita, didunia,” tukasnya. (sal/ril)

News Feed