oleh

UNBK, Hanya Dua SMP Siap

MUSI RAWAS, MS – Tahun ini, hanya ada dua dari 80 SMP dalam wilayah Kabupaten Mura yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mura, Sukamto melalui Kasi Kurikulum Bidang Dikdas, Raslim.

Dua SMP dimaksud lanjut dia, SMPN Megang Sakti dan SMPN Muara Kelingi. Selain itu, belum ada SMP yang siap menumpang di sekolah atau instansi lain untuk menyelenggarakan UNBK 2017. “Terkendala minimnya jumlah komputer, dua sekolah penyelanggara UNBK tersebut tidak memungkinkan untuk ditumpangi,” ungkap Raslim.

Ia menjelaskan, jadwal pelaksanaan UNBK sudah ditetapkan berlangsung empat hari yakni pada 2-4 Mei dan 8 Mei mendatang. Pada 2 Mei, dijadwalkan mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, kemudian 3 Mei mapel matematika, 4 Mei Bahasa Inggris dan 8 Mei mapel IPA. UNBK dibagi tiga sesi, dilaksanakan pagi hingga sore.

“Pelajar memilih satu dari empat mapel UNBK, tiga mapel yang tidak dipilih tetap diujikan melalui paper tes atau soal cetak dengan penyedian LJK. Durasi waktu UNBK selam dua jam, matematika dan IPA sebanyak 40 butir sedangkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebanyak 50 butir soal,” sebut dia.

Selain itu lanjut Raslim, telah disediakan pula waktu untuk UNBK susulan pada 22-23 Mei dan dilakukan  dua sesi perhari. Mapel Bahasa Indonesia dan Matematika dijadwal 22 Mei sedangkan Bahasa Inggris dan IPA dijadwal 23 Mei.

“Selanjutnya ada UASBN (ujian akhir semester berbasis nasional), mapelnya IPS, Agama dan PPKn. Jadwal UASBN juga dilaksanakan serentak pada 17-19 April, komposisi soal 25 persen dari pusat dan 75 persen dari daerah. Untuk Mapel mulok, penjaskes, seni budaya dan TIK dilaksanakan ujian sekolah (US) yang menjadi tanggung jawab sekolah melalui MGMP,” terang dia.

Ia menghimbau, kedepan agar pihak sekolah mulai memperbanyak pengadaan komputer mengingat semua aktifitas kedepan berbasis elektronik.  “Tahun ini, Disdik pun berencana akan menyalurkan bantuan pengadaan komputer dan diprioritas kepada dua sekolah yang sudah mnyelenggarakan UNBK tahun ini. Sebab jumlah komputer dua sekolah tersebut sebenarnya masih kurang,” pungkas dia.(dhiae)

 

News Feed