You are here
Update Covid 19 di Lahat, 19 Pasien ODP DAERAH HEADLINE 

Update Covid 19 di Lahat, 19 Pasien ODP

LAHAT, MS – Update kondisi penanganan di website https://covid19.lahatkab.go.id/ mengalami perubahan yang cukup signifikan. Posko gugus tugas pencegahan pandemi Covid-19 atau Corona di Dinas Kesehatan mencatat update Rabu pukul 15.25 WIB tanggal 01 April 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari Kecamatan Tanjung Sakti 2, Lahat 2, Jarai 3, Kikim Timur 2, Pulau Pinang 1, Lahat selatan 2, Muara Payang 2, Gumay Ulu 1, Tanjung Tebat 1, Kikim Selatan 2 dan Kecamatan Merapi Barat 1 orang.

“Dengan adanya perubahan tersebut, maka total keseluruhan ODP sebanyak 19 orang yang akan pantau terus kesehatannya oleh gugus tugas. Artinya, bertambah sebanyak 9 orang dari data sebelumnya pertanggal 31 Maret kemarin sebanyak 10 ODP saja”, sampai Kadinkes Lahat, Ponco Wiwoho melalui Jubir Posko Covid-19, Rabu (1/4/2020) via pesan singkat di Whats App.

Sedangkan untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Positif Covid-19, kata dia, sudah dipastikan nihil atau tidak ada sama sekali. Namun untuk Pelaku Riwayat Perjalanan (PRP) juga mengalami peningkatan dari 1005 orang menjadi 1157 orang. Pihaknya berharap, agar ODP semakin menurun, PDP dan Positif tetap tidak ada, dan jumlah PRP tidak lagi bertambah.

“Kembali kami tegaskan, bahwa 19 ODP tersebut belum tentu serta-merta bisa menjadi PDP. Demikian juga dengan PRP, ini hanya orang yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah zona merah, belum tentu dan tidak bisa langsung disebut sebagai ODP. Karena selain PRP tersebut dalam keadaan sehat-sehat saja, semuanya juga sudah dilakukan pemeriksaan yang ketat oleh gugus tugas saat mereka memasuki Kabupaten Lahat”, urainya memberikan pemahaman.

Namun demikian, lanjut dia, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat diharapkan tetaplah mengikuti arahan yang telah disosialisasikan oleh Pemerintah, agar virus Covid-19 ini tidak menjangkit di Bumi Seganti-setungguan ini.

“Tetaplah waspada.., jaga jarak dengan lawan bicara, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, gunakan masker, tidak keluar rumah kecuali hal-hal yang sangat penting, ikuti pola makan hidup sehat. Yang terpenting, berdoa supaya kita semua dalam keadaan sehat-sehat selalu tanpa virus Corona ini”, ajaknya. (nur)

Related posts

Leave a Comment