You are here
Vertical Rescue FPTI Sumsel Asah Skill Saat Evakuasi Korban Bencana DAERAH HEADLINE 

Vertical Rescue FPTI Sumsel Asah Skill Saat Evakuasi Korban Bencana

SEKAYU, MS – Menolong korban tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Jika salah dan keliru, justru menimbulkan bencana baru bagi si penolong. Karena itu, wajib mengetahui teknik serta cara yang benar saat menjalani Vertical Rescue Kebencanaan.

Demikian disampaikan Instruktur vertical rescue LPTI Sumsel, Aprizal saat memberikan materi dan arahan kepada 15 peserta dari tim Rescue FPTI Sumsel saat melaksanakan Latihan Keahlian Vertical Rescue dihari ke empat di Stabel Berkuda Sekayu, Kamis (30/1/2020).

“Misalkan saja teknik memindahkan (evakuasi) korban atau obyek pada medan terjal (High Angle/ Vertical) dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, atau sebaliknya,”ucap Aprizal.

Dikatakan Aprizal, dalam sebuah operasi SAR, Vertical Rescue merupakan satuan dengan kemampuan khusus yang diterjunkan jika korban/obyek berada pada medan curam atau bahkan vertical (Hi-Angle Surface).

“Paling sedikit ada tiga alat utama dan spesifik dalam kegiatan Vertical Rescue. Pertama, Tripod. Bentunya, tiang logam berkaki tiga, digunakan untuk menghindari gesekan tali. Tripod terutama sekali digunakan untuk proses evakuasi korban atau obyek dari dalam lubang,”pungkasnya.

Lanjut Rizal, kemudia Kedua, dibutuhkan Stretcher (Basket Rescue) atau tandu yang digunakan untuk melakukan evakuasi. Pada sisi luar tandu terdapat pelindung sehingga korban/obyek yang berada di dalamnya terhindar dari benturan secara langsung.

“Ketiga, Quick Release, digunakan untuk memudahkan dalam proses melepaskan tandu atau beban dari lintasan dalam keadaan masih terbebani oleh korban/obyek,”bebernya.

Terpisah, Ketua FPTI Provinsi Sumsel Beni Hernedi mengapresiasi atas semangat para peserta yang mengikuti Vertical Rescue FPTI Sumsel.

“Selamat berlatih bagi para peserta, sebagai atlet tak seterusnya hanya berfokus pada olahraga. Akan tetapi juga harus peduli dengan lingkungan kemasyarakatan, mari semangat kerja bersama untuk kemanusiaan,”ucap Beni. (Muslim)

Related posts

Leave a Comment