oleh

Wabup Lahat Lounching Aksi Gizi Atasi Stunting Di SMAN 2 Lahat

LAHAT, MS – Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Lahat mengelar kegiatan ” Lounching Aksi Bergizi ” dalam upaya gerakan atasi stunting sampai nol ( GASPOL ) di Kabupaten Lahat Tahun 2022. Jum’at ( 30/9/2022 ) bertempat di halaman SMA Negeri 2 Lahat.

Tampak hadir dalam kegiatan, Bupati Lahat,Cik Ujang.SH yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Lahat H.Haryanto.SE MM, Assisten, Kadis Kesehatan beserta jajaran,j OPD terkait, Ketua TP PKK Kab.Lahat Ny.Lidyawati Cik Ujang.S.Hut.MM yang diwakili, Ketua GOW Hj. Sumiati Haryanto yang diwakili, Ketua MKKS Kabupaten Lahat, Kepala Kantor Kementerian Agama yang diwakili, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel yang diwakili, serta para Guru dan Siswa/Siswi SMA Negeri 2 Lahat.

Kepala Dinas Kesehatan Taufik M Putra MKes MM melaporkan, Kegiatan aksi bergizi dilaksankan dengan tiga interveksi utama yaitu: 1. Sarapan dan minum TTD bersama di sekolah/madrasah setiap minggu, 2. Edukasi gizi yang yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktifitas fisik, 3. Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan konfrenhensif.

Terkait percepatan penurunan Stunting dengan menindak lanjuti Peraturan Presiden No 72 tahun 2021 dan surat edaran HK 03.03/V/0595/2016 Tentang Pemberian Tablet tambah darah (TTD) kepada Remaja Putri dan Wanita Subur agar melaksanakan program diatas

” Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut, untuk menanggulangi hal tersebut pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan gizi seimbang, fortifikasi pangan dan suplementasi tablet tambah darah ( TTD),” tuturnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Lahat H Haryanto dalam sambutannya menyampaikan, Kegiatan lounching aksi bergizi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi pada usia remaja dan pencegahan serta penanggulangan anemia pada remaja putri. Kegiatan lounching aksi bergizi diharapkan mampu memberikan wawasaan kesehatan kepada para siswa untuk selalu memperhatian asupan gizi mereka saat usia remaja.” terangnya

Dengan kegiatan lounching aksi bergizi ada hari ini, diharapkan prevalensi stunting di tahun 2021 yakni, 22,4%, ( SSGI ) dapat menurun lagi dan bisa mencapai target Bapak Presiden Republik Indonesia yakni, 14% pada tahun 2024.” sampai Haryanto

Kepala Sekolah SMAN 2 Lahat Dr Tri Turnadi MPd menyampaikan pelaksanaan Lounching Aksi Bergizi dengan besenergi Dinas Kesehatan Lahat , Depag dalam rangka Penanganan dan Penekanan Stunting hingga GAS Pool (Gerakan Aksi Stunting Hingga Nol) bekenaan Giat tersebut SMAN 2 Lahat siap membantu, mendukung,serta sebagai Wadah penyuluhan dan Pembinaan Pelayanan Pada Siswa dan Masyarakat terkait Stunting.

” Diharapkan para siswa memahami akan kebutuhan gizi sehingga dapat memperbaiki pola makan,” harapnya. (Nur)

News Feed