You are here
Waduh.. Ada Bantuan Baru Aktifkan Ormas DAERAH HEADLINE 

Waduh.. Ada Bantuan Baru Aktifkan Ormas

LUBUKLINGGAU, MS – Sekitar 100 organisasi masyarakat (Ormas), baik itu ormas kepemudaan, ormas agama dan ormas lainnya yang hingga saat ini diketahui belum memperpanjang izin keberadaan, termasuk izin aktifitas di Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Lubuklinggau.

Kepala Kesbangpol Kota Lubuklinggau, Edi Rogiansyah didampingi Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol, Tugimin mengungkapkan, sejak tiga tahun yang lalu, pihaknya telah mendata dan ada sekitar 100 ormas yang belum memperpanjang izin, padahal izin tersebut sangat penting untuk organisasi.

“Kita sudah mencoba menghubungi dan memberikan surat kepada ormas tersebut, agar segera memperpanjang izin kegiatan. Dengan adanya izin dari kita, kegiatan mereka bisa terpantau,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bukan hanya 100 ormas yang belum memperpajang izin, tapi di Kota Lubuklinggau juga masih banyak ormas yang aktif menjalankan kegiatan, namun tidak melapor, terutama ormas kepemudaan.

“Terkadang mereka sudah dibentuk dan memiliki program kegiatan. Tapi, banyak tidak melapor, padahal ormas kepemudaan itu terkadang sangat aktif dan mudah terpantau,” jelasnya.

Ia berharap, kedepan ormas yang belum memperpanjang izin kegiatan atau lainnya, bisa segera berkoordinasi dengan pihak Kesbangpol, termasuk yang belum melapor sama sekali.

‚ÄúDengan terdaftar, berarti kegiatan yang dilakukan telah memiliki izin yang sah. Petugas kami akan siap membantu melengkapi berkas yang diperlukan. Sebab, kami mempermudah semua urusan laporan tersebut,” ungkapnya. (dhiae)

Related posts

Leave a Comment