oleh

Walikota Prabumulih Sambut Baik Full Day School

Prabumulih, MS – Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menyambut baik rencana penerapan sistem Full Day School yang digulirkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi. “Penerapan sekolah seharian penuh bagi siswa SD dan SMP itu akan memberikan banyak dampak positif bagi siswa,” ujar Ridho, kemarin.

Dikatakan dia, penerapan sistem sekolah sehari penuh tinggal mengatur jamnya saja. “Kalau diterapkan sebaiknya cukup sampai jam 3 sore, siswa bisa bawa makan dari rumah. Sehingga pola makan sehat dapat terjaga,” ujarnya.

Sebenarnya, penerapa sistem itu dapat mengurangi  biaya yang harus dikeluarkan oleh orangtua. “Tidak perlu les tambahan lagi karena sudah dilakukan di sekolah,” pungkasnya.

Untuk itu, dirinya menyetujui dan mendukung jika benar Full Day School itu akan diterapkan. “Sekarang ini penerapan sistem sekolah seharian itu sangat baik bagi para siswa sekolah. Hal itu akan memberikan kedisiplinan yang lebih lagi bagi siswa,” katanya.

Memang anak-anak harus diterapkan disiplinnya sedini mungkin.  “Masa muda dari anak – anak harus diatur sejak dini, tidak boleh terlalu santai, mau jadi apa kalau kebanyakan santai, tapi harus terbiasa disiplin kerja keras, karena masa muda harus dipersiapkan untuk mencapai masa depan gemilang,” bebernya.

Ridho juga menjelaskan, bahwa kedepan persaingan apalagi dalam mencari kerja sangtlah ketat, karena itu penerapan Full day school akan dapat membuat para siswa lebih terarah, “Guru juga terbantu untuk jam sertifikasinya, orangtua tak perlu khawatir kemana saja anaknya, karena pastinya di sekolah, dan liburpun nambah jadi sabtu minggu libur,” tandasnya.

Ditambahkan dia, jika kebijakan sekolah sehari penuh itu dilakukan, pihaknya akan membantu insentif tambahan bagi guru, “Akan kita anggarkan untuk insentif tambahannya, jika benar diterapkan, yang pastinya sekali lagi kita akan mendukung penuh hal tersebut, “ pungkasnya. (nor)

News Feed