You are here
Warga Desa Ibul Serahkan Senpi Rakitan KRIMINAL 

Warga Desa Ibul Serahkan Senpi Rakitan

LEMBAK – Kesadaran masyarakat khusus Lembak, Kabupaten Muaraenim akan bahaya senjata api rakitan (senpira) mulai ditunjukkan. Kali ini, warga di Desa Ibul, Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muara Enim yang menyerahkannya kepada Polsek Lembak, Kabupaten Muaraenim, Sabtu (19/8) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kapolsek Lembak, AKP M Aidil Fitri SH MM mengatakan, pihaknya menerima satu pucuk senpi rakitan laras panjang dari warga yang diserahkan melalui perangkat desa di kediaman kepala desa setempat.

“Alhamdulillah kita dapat satu pucuk senpi rakitan laras panjang dari warga Desa Ibul secara sukarela.Ini juga usaha kita juga jemput bola beberapa hari kemarin ke desa-desa,” ungkap AKP M Aidil Fitri SH MM ketika dikonfirmasi, kemarin (21/8).

Ia sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat yang tinggi hingga secara ikhlas menyerahkan senpi miliknya kepada Polsek terdekat, karena tidak mau berurusan dengan hukum. “Kita memang sering mengarahkan anggota Polsek untuk memberikan pengarahan kepada warga yang memiliki senpi dampak dari penyalagunaan dari senpi tersebut, dan mengimbaukan segera agar menyerahkan ke Polsek terdekat, jika tidak mau berurusan dengan hukum,” kata dia.

Meski senpi yang tadinya warga untuk digunakannya berjaga-jaga saat berkebun milik mereka, namun sangat berbahaya apabila digunakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak pidana, seperti separatisme, perampokan, pembunuhan dan lainnya.

Untuk itu, dikatakan Aidil, pihaknya saat ini terus mengimbau masyarakat yang masih memiliki senpira untuk segera menyerahkan secara sukarela kepada polsek terdekat tanpa diproses secara hukum.

“Kami sangat berharap dan meminta agar warga yang masih menyimpan senjata api rakitan agar menyerahkannya ke kantor polisi terdekat,” tandasnya.

Sekedar mengingat, sebanyak enam pucuk senpira berikut tiga butir peluru diterima langsung Kapolsek Lembak, AKP Muhammad Aidil Fitri BMI SH MM yang diserahkan warga dari tiga desa diantaranya, desa Babat sebanyak dua pucuk senpira berikut tiga butir pelurunya terdiri dari satu senpira jenis kecepek laras pendek dan satu kecepek laras panjang.

Kemudian warga dari desa Tanjung Tiga menyerahkan sebanyak tiga pucuk senpira jenis kecepek laras panjang, serta dari desa Lubuk Enau menyerahkan sebanyak tiga pucuk senpira jenis kecepek laran pendek. “Iya jadi dalam momen HUT RI tahun ini, kita menerima serahan sebanyak enam pucuk senjata api rakitan berikut tiga pelurunya dari masyarakat kita disini yang berasal dari desa,” tukasnya. (nor)

 

Related posts

Leave a Comment